YOGYAKARTA – Kereta api merupakan salah satu alat transportasi yang cukup populer di Indonesia karena cepat dan praktis. Akan tetapi, apa jadinya jika kereta api, bagaimana jadinya jika kereta api berjalan dengan kecepatan yang amat lambat, apakah Anda bakal bosan? Atau justru senang karena disuguhi pemandangan yang indah? Nah, beberapa kereta api berikut ini menyandang predikat sebagai kereta terlambat di dunia.

5 Kereta Terlambat di Dunia

Perlu diketahui, beberapa kereta api, memang diseting berjalan lambat karena dipergunakan untuk keperluan pariwisata.

Selain mengantarkan penumpang ke tempat tujuan dengan selamat, kera api juga dimanfaatkan oleh wisatawan yang ingin menikmati perjalanan.

Nah, ada beberapa kereta api yang sengaja berjalan dengan kecepatan lambat, namun menawarkan wisata mewah nan menakjubkan untuk para turis.

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, Sabtu, 16 Oktober 2022, berikut daftar kereta api terlambat di dunia yang digunakan untuk keperluan wisata.

  1. Rocky Mountaineer

Di Kanada, ada satu perusahaan yang menyajikan paket perjalanan dengan kereta api yang tidak hanya menyuguhkan pemandangan apik nan memanjakan mata di luar, namun juga pelayanan sempurna yang akan Anda dapat di dalamnya juga dijamin membuat perjalanan tersebut lebih romantis.

Perusahaan tersebut Adalah Rocky Mountaineer. Mereka menawarkan paket liburan di sekitaran Kanada Barat yang mengoperasikan kereta di empat rute berbeda yang melintasi British Columbia, Alberta, dan negara bagian Washington AS.

Perjalanan dengan Rocky Mountaineer menjadi salah satu yang digemari pelancong karena menyajikan pemandangan indah disepanjang jalurnya. Bahkan jalur ini dinobatkan Society of American Travel Writers sebagai "Pengalaman Perjalanan Terkemuka di Dunia dengan Kereta Api".

  1. Eastern & Oriental Express

Kereta api terlambat di dunia yang berikutnya ada di Singapura. Kereta tersebut bernama Eastern & Oriental Express.

Mereka menyediakan layanan kereta api yang melakukan perjalanan melalui negara-negara Asia Tenggara seperti Thailand, Malaysia, Singapura, dan Laos.

Perjalanan dengan Eastern & Oriental Express dimulai di Singapura dan berhenti di Kuala Lumpur, Butterworth dan Kanchanaburi sebelum tiba di Bangkok. Rute Singapura-Bangkok membutuhkan waktu tiga hari untuk diselesaikan. Bahkan Society of International Railway Travelers telah menganugerahi kereta api ini sebagai 25 Kereta Terbaik.

  1. Glacier Express
Ilustrasi Glacier Express
Ilustrasi Glacier Express (hpgruesen/Pixabay)

Predikat kereta terlambat di dunia yang berikutnya dipegang oleh Glacier Express. Saat menumpang kereta ini, Anda akan disuguhi pemandangan Pegunungan Alpen antara St. Moritz dan Zermatt di Swiss dengan waktu tempuh 7,5 jam.

Glacier Express membawa penumpang melintasi 291 jembatan, melalui 91 terowongan dan melewati Oberalp Pass. Mayoritas jalur kereta api menggunakan sistem rack-and-pinion untuk mendaki melalui tanjakan Alpine yang curam. Sejak 1980-an, kereta api ini beroperasi sepanjang tahun, yang berarti perjalanan spektakuler ini dapat dinikmati oleh para pelancong tanpa memandang musim.

  1. Royal Scotsman

Royal Scotsman adalah kereta api yang menyediakan layanan mewah serta menawarkan tur ke dataran tinggi Skotlandia di Inggris.

Perjalanan dengan Royal Scotsman tergolong lambat karena kereta ini berhenti di berbagai tempat, seperti reruntuhan kastil, penyulingan wiski, dan keajaiban alam yang ikonik.

Dalam Perjalanan, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan indah dari lembah, danau, dan desa yang spektakuler. Menggabungkan kemewahan dengan tur menakjubkan pemasangan alam Skotlandia yang memukau, tak mengherankan jika Royal Scotsman masuk dalam daftar keinginan banyak wisatawan.

  1. Blue Train

Kereta api yang beroperasi di Afrika Selatan ini terkenal karena layanan mewahnya. Kereta dapat membawa penumpang hampir 1.000 mil antara Pretoria dan Cape Town. Mulanya, layanan ini dimaksudkan untuk menghubungkan penumpang dari Johannesburg ke kapal tujuan Inggris di Cape Town.

Perjalanan dengan Blue Train memungkinkan para wisatawan untuk menjelajahi Open Mine Museum di Stasiun Kimberley atau menikmati segelas sherry di Matjiesfontein.

Penumpang akan dibawa melewati daerah pedalaman dan pesisir, menyajikan pemandangan spektakuler dari lanskap Afrika Selatan. Penumpang akan melakukan perjalanan melintasi semak belukar, melalui kaki gunung dan menyeberangi sungai di puncak kemewahan.

Demikianlah informasi soal lima kereta api terlambat di dunia yang nggak bikin bosan.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)