YOGYAKARTA - Dokumen cek merupakan berkas penting yang dipakai untuk membayar sejumlah uang. Nemun perlu diwaspadai adanya modus pemalsuan cek. Para pelaku membuat cek palsu untuk mengambil uang dari cek aslinya. 

Pemalsuan cek merupakan salah satu bentuk kejahatan keuangan yang memiliki dampak merugikan bagi individu dan lembaga keuangan. Tindakan pemalsuan cek meningkat seiring dengan penggunaan cek sebagai alat pembayaran. 

Kejahatan cek palsu tidak hanya merugikan korban secara finansial, namun juga menimbulkan kerugian psikologis dan merusak reputasi. Itulah mengapa cara mengetahui cek asli atau tidak perlu dipahami oleh setiap orang, khususnya bagi Anda yang kerap menggunakan cek. 

Cara Mengetahui Cek Asli atau Tidak

Di era sekarang, dokumen cek masih tetap digunakan sebagai alat pembayaran, khususnya dalam transaksi bisnis berjumlah besar. Namun perlu diwaspadai adanya pemalsuan cek asli yang diganti dengan cek palsu. 

Dengan mengetahui perbedaan cek asli dan palsu, Anda bisa menghindari tidakan penipuan. Pemahanan juga bisa mencegah Anda dari risiko terlibat dalam kejahatan perbankan. Berikut ini perbedaan cek asli dan palsu yang perlu Anda tahu:

Memeriksa Kualitas Kertas

Salah satu langkah yang perlu diperhatikan untuk memastikan keaslian cek adalah memeriksa kualitas kertas. Cek asli biasanya dicetak di atas kertas khusus yang memiliki tekstur dan ketebalan tertentu. 

Kertas ini berbeda dengan kertas biasa yang digunakan untuk mencetak dokumen lainnya. Saat memegang lembar cek, cobalah sentuh dan rasakan permukaan kertasnya. Apabila terasa terlalu tipis atau halus, ada kemungkinan bawa dokumen cek tersebut palsu.

Memperhatikan Detail Cetakan

Detail cetakan dalam lembar cek juga perlu diperhatikan untuk mengetahui apakah asli atau palsu. Cek asli memiliki detail cetakan yang sangat rapi dan presisi. Pastikan untuk memeriksa dengan seksama bagian tulisan, logo bank, dan garis-garis pada cek. 

Dokumen cek palsu sering kali memiliki cetakan yang buram atau kurang tajam. Selain itu, cetakan pada cek asli biasanya menggunakan tinta khusus yang sulit dipalsukan. Apabila detail yang tertera di lembar cek terlihat buram atau kurang tajam, maka bisa jadi cek tersebut palsu. 

Cek Nomor dan Seri

Hal lainnya yang harus Anda lihat untuk memastikan apakah cek asli atau palsu adalah dengan mengamati nomor dan serinya. Setiap lembar cek asli mempunyai nomor dan seri yang unik. 

Anda harus memastikan nomor dan seri tersebut tidak tampak seperti diubah atau ditulis ulang. Anda juga bisa menghubungi bank penerbit untuk memverifikasi apakah nomor dan seri tersebut valid.

Mengamati Elemen Keamanan

Banyak bank yang menyertakan elemen keamanan pada lembar cek yang mereka terbitkan. Elemen tersebut seperti tanda air, mikroteks, atau strip keamanan. Tanda air biasanya terlihat saat cek diterawang ke arah cahaya. 

Mikroteks yang terdapat pada lembar cek adalah tulisan sangat kecil. Tulisan ini hanya bisa dibaca dengan kaca pembesar. Jika salah satu elemen keamanan ini tidak ada, kemungkinan besar cek tersebut palsu.

Verifikasi Identitas Pembayaran

Pada dokumen cek asli, nama dan tanda tangan pembayar harus sesuai dengan identitas yang tercatat di bank. Jika ada ketidaksesuaian atau tanda tangan terlihat berbeda, maka keaslian cek perlu dipertanyakan. Jangan ragu untuk meminta kejelasan atas keaslian berkas cek. 

Demikianlah ulasan mengenai cara mengetahui cek asli atau tidak yang penting untuk dipahami.

Dengan memahami kriteria cek asli maka bisa menghindarkan diri Anda dari kejahatan atau pemalsuan keuangan. Baca juga cara mengamankan data dan keuangan

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)