Banyak Burung Mati Karena Penyakit Misterius, Penggemar Burung Harus Waspada
Burung jenis Songbirds, banyak yang mati karena penyakit misterius di AS. (foto: Joshua J. Cotten/unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Infeksi misterius atau penyakit misterius yang membutakan dan membunuh burung penyanyi (songbirds) menyebar di seluruh AS. Bahkan  kini telah tercatat dalam ribuan kasus di sembilan negara bagian. Para pembiak, peternak dan pecinta burung harus waspada. 

Penyakit  yang menyebabkan pembengkakan dan pengerasan kulit di atas mata, serta gangguan saraf ini pertama kali dilaporkan di wilayah Washington DC pada awal Mei lalu. Kasus yang sama muncul di Maryland, Virginia, dan Virginia Barat. Kasus itu juga sudah menyebar di Delaware, New Jersey, dan Pennsylvania dan sejauh barat Ohio, Indiana dan Kentucky.

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), menyatakan, banyak burung memiliki bola mata yang bengkak dan berkerak, serta disertai dengan gerakan goyah yang menunjukkan masalah neurologis.

Penyebab penyakit masih belum diketahui. Namun para pejabat telah mengesampingkan beberapa penyakit yang menjadi penyebabnya. Misalnya flu burung, virus West Nile, salmonella, klamidia, penyakit Newcastle, herpes dan parasit Trichomonas, di antara patogen lainnya. Mereka juga mengkonfirmasi penyakit itu tidak terkait dengan masalah kesehatan pada manusia, ternak atau ungags lainnya.

Departemen Ikan dan Margasatwa New Jersey melaporkan bahwa sebagian besar burung yang mengalami gangguan ini dalam kondisi tubuh yang baik,  bahkan kemungkinan masih diberi makan oleh induknya.

burung mati
Burung mati misterius tengah ditangani USGS di AS. (foto: USGS)

Pada awalnya, USGS mengindikasikan penyakit itu terbatas pada grackles dan blue jay, dua spesies yang biasa ditemukan di wilayah Atlantik tengah.

USGS  kemudian memperbarui laporannya minggu lalu untuk menambahkan burung jalak Eropa, burung robin Amerika, kardinal utara, burung pipit, cowbird berkepala coklat dan burung penyanyi lainnya masuk ke dalam daftar yang terkena penyakit itu.

Pakar satwa liar di Maryland, Virginia, Washington D.C., dan Virginia Barat pertama kali menerima laporan infeksi pada awal Mei 2021. Ini terakit dengan setidaknya 325 kasus unggas yang sakit atau mati.

"Tampaknya cukup luas, dan juga meluas untuk jangka waktu yang cukup bagus," kata dokter hewan Departemen Sumber Daya Margasatwa Virginia, Megan Kirchgessner, kepada The Washington Post, Mei lalu. "Dan itu terus berlanjut."

Antara 23 Mei dan 30 Juni, Departemen Sumber Daya Margasatwa Virginia menerima 1.400 laporan tentang burung yang sakit atau sekarat.  WWBT melaporkan bahwa sekitar sepertiga burung yang sekarat digambarkan memiliki masalah mata dan/atau tanda-tanda neurologis.

Departemen Sumber Daya Ikan dan Margasatwa Kentucky juga telah menerima lebih dari 250 laporan tentang burung yang sakit atau sekarat terkait dengan penyakit yang tidak dapat dijelaskan itu sejak portal onlinenya ditayangkan pada 17 Juni.

Departemen Sumber Daya Alam Indiana telah mengutip hampir 300 kasus di 53 kabupaten sejak akhir Mei, dengan banyak di kabupaten Allen dan Kosciusko timur laut. 

Badan-badan lingkungan, National Park Service dan USGS sedang melakukan penyelidikan berkelanjutan di seluruh negara bagian yang terkena dampak.

Burung Harus Jaga Jarak

Mereka memperingatkan bahwa burung yang berkumpul di pemandian dan tempat makan dapat menularkan penyakit dan telah meminta masyarakat untuk menyingkirkannya sampai potensi wabah ini selesai.

"Alasannya adalah karena kami ingin burung dapat menjaga jarak secara sosial secara alami," kata Allisyn Gillet, ahli burung di Departemen Sumber Daya Alam Indiana. “Namun mereka tidak memiliki pengetahuan bahwa itu tidak baik bagi mereka ketika ada penyakit yang menyebar.”

Anggota masyarakat disarankan untuk tidak menangani unggas, terutama yang sakit atau mati. Akan tetapi jika penanganan diperlukan, mereka harus mengenakan sarung tangan sekali pakai dan memasukkan unggas mati ke dalam kantong plastik yang dapat ditutup ke tempat sampah.

Siapa pun yang menemukan burung yang sakit atau mati didorong untuk menghubungi lembaga konservasi satwa liar setempat atau menyerahkan laporan ke formulir kejadian kematian Survei Geologi Amerika Serikat.