YOGYAKARTA - Broadcast atau penyiaran pesan termasuk salah satu cara yang efektif untuk menyampaikan informasi secara massal. Namun, tidak semua broadcast berhasil menarik perhatian penerimanya. Oleh sebab itu, penting untuk memahami cara membuat broadcast menarik agar pesan yang disampaikan tidak hanya terlihat profesional, tetapi juga mampu memengaruhi audiens.
Broadcast yang menarik tidak hanya soal estetika, tetapi juga mencakup bagaimana informasi di dalamnya disusun dengan baik, relevan, dan mudah dipahami.
Nah, dalam artikel ini akan dibahas cara membuat broadcast menarik di WhatsApp. Aplikasi chat ini menjadi pilihan sebagian besar pelaku bisnis untuk mengirimkan broadcast promosi lantaran sangat efektif dan dapat menjangkau banyak pelanggan
Cara Membuat Broadcast Menarik
Dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa langkah praktis yang dapat membantu Anda membuat broadcast yang efektif dan menarik di WhatsApp.
- Perhatikan judul broadcast
Judul broadcast yang baik dapat membuat orang penasaran untuk membuka dan membaca pesan yang dikirim.
Ketika membuat judul broadcast, alangkah baiknya jika Anda menggunakan kata kunci yang relevan atau kalimat ajakan dalam 30-50 karakter pertama dari pesan yang akan dikirim.
- Pahami karakteristik audiens yang dituju
Dalam membuat broadcast, pastikan Anda memahami karakteristik audiens yang dituju. Apakah mereka lebih tertarik dengan kesan humor, kesan emosional, atau penawaran khusus.
Dengan memahami karakteristik audiens, Anda bisa mendesain pesan yang sesuai dengan selera mereka dan meningkatkan efektivitas kampanye promosi.
- Gunakan bahasa yang mudah dipahami
Cara membuat broadcast menarik yang berikutnya adalah menggunkan kata-kata yang sederhana namun tetap menarik perhatian.
Pesan yang dibuat haruslah singkat dan jelas agar broadcast yang Anda sampaikan bisa ditangkap dengan cepat oleh audiens yang menerima pesan promosi tersebut.
- Tambahkan visual yang menarik
Visual seperti gambar, ikon, atau infografik dapat membuat broadcast lebih menarik. Gunakan warna yang sesuai dengan tema dan hindari desain yang terlalu ramai.
- Deskripsikan produk secara singkat, padat, dan jelas
Deskripsi produk merupakan penjelasan singkat yang menyediakan informasi detail tentang produk tertentu. Umumnya, deskripsi produk berisi informasi tentang fitur, manfaat, spesifikasi teknis, dan harga.
Dalam pesan broadcast, deskripsi yang baik dapat membuat calon konsumen tertarik. Mereka bisa lebih mudah mengetahui produk yang Anda tawarkan sehingga yakin untuk melakukan pembelian.
- Sertakan call to action
Pastikan Anda mengarahkan audiens untuk melakukan tindakan tertentu, seperti mengklik tautan, mendaftar, atau menghubungi kontak yang tersedia.
また読む:
- Berikan informasi jelas untuk transaksi
Pada bagian ini, ada dua poin penting yang perlu Anda cantumkan. Pertama, yakni informsi soal cara pembayaran. Kedua, adalah bagaimana cara pengiriman produk.
Pastikan Anda memberi keterangan apakah sistemnya COD (cash on delivery) atau bayar terlebih dahulu. Termasuk tentukan bagaimana cara kirimnya.
- Perhatikan struktur dan panjang pesan
Jangan membuat pesan terlalu panjang sehingga audiens merasa bosan. Gunakan paragraf pendek, bullet points, dan subjudul agar pesan mudah dipindai.
- Uji coba sebelum dikirim
Sebelum mengirim broadcast ke audiens, lakukan uji coba untuk memastikan pesan tampil dengan baik di WhatsApp.
Demikian informasi tentang cara membuat broadcast menarik. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.