Netizen Gusar di Twitter, Instagram Down Lagi
Ilustrasi (unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Layanan media sosial Facebook dan Instagram sempat dilaporkan tumbang (down). Gangguan layanan medsos ini terjadi secara global sekitar pukul 04.30 WIB. 

Di Twitter, tagar #instagramdown jadi salah satu trending topic dengan lebih dari 71,9 ribu tweet. Para pengguna melaporkan tidak dapat me-refresh halaman muka kedua media sosial tersebut, termasuk netizen Indonesia. 

"Perubahan konfigurasi menyebabkan layanan Facebook tidak tersedia untuk beberapa orang," kata Facebook lewat Twitter.

Melansir Endgadget, Facebook menyampaikan adanya perubahan konfigurasi menyebabkan layanan tidak tersedia untuk sebagian pengguna di sejumlah wilayah. Perusahaan mengklaim dengan cepat layanan Facebook dan Instagram berangsur pulih.

Ini bukan pertama kalinya kedua layanan ini tumbang dalam satu bulan terakhir. Pada Maret lalu, keluhan serupa pernah terjadi, banyak pengguna yang melaporkan Instagram memunculkan pop-up "error" atau "couldn't refresh".

Sebelum layanan berangsur pulih, situs Downdetector mencatat ada ratusan laporan tumbangnya layanan Facebook dan Instagram. Hampir 150 ribu orang melaporkan masalah pada kedua jejaring sosial milik Mark Zuckerberg itu.