Facebook, WhatsApp, Instagram Kompak <i>Down</i>, Netizen Berkicau ke Twitter
Ilustrasi media sosial (Photo by Sara Kurfeß on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Layanan Facebook seperti WhatsApp dan Instagram dilaporan down alias tumbang. Peristiwa ini terjadi di sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Berdasarkan laporan yang dirangkum situs Downdetector, gangguan dirasakan pengguna di Argentina, Uruguay, Chile, Brazil hingga Bangladesh. Sebagian netizen di Amerika Serikat (AS) dan Inggris juga merasakan gangguan layanan yang serupa. 

Kendala koneksi menjadi yang paling banyak dikeluhkan pengguna WhatsApp. Selain itu mereka mengaku tidak bisa menerima pesan.

Sementara itu, banyak pula pengguna Instagram dan Facebook yang mengeluhkan bahwa mereka tidak bisa memperbarui news feed. Bahkan beberapa yang lainnya mengaku tidak bisa log-in.

Alhasil tagar #WhatsAppDown, #InstagramDown dan #FacebookDown pun membanjiri Twitter yang sering digunakan netizen untuk berkeluh kesah jika ada layanan media sosial yang mengalami kendala.

Melansir WaBetainfo, Facebook menyampaikan adanya perubahan konfigurasi menyebabkan layanan tidak tersedia untuk sebagian pengguna di sejumlah wilayah. Perusahaan mengklaim dengan cepat layanan Facebook dan Instagram berangsur pulih.

Ini bukan pertama kalinya kedua layanan Facebook tumbang secara bersamaan. Pada Maret lalu, keluhan serupa pernah terjadi, banyak pengguna yang melaporkan Instagram memunculkan pop-up "error" atau "couldn't refresh".