Bagikan:

JAKARTA - WalletConnect, platform penghubung dompet kripto dengan aplikasi terdesentralisasi (dApp), mengumumkan peluncuran token asli mereka, WCT. Token ini dikembangkan di jaringan Layer 2 Ethereum, Optimism. Tidak hanya itu, peluncuran ini disertai airdrop 185 juta token WCT yang bertujuan memberi pengguna kontrol lebih atas tata kelola dan ekonomi platform.

Mulai 24 September 2024, pengguna bisa mendaftar untuk mengikuti airdrop, dengan syarat kelayakan berdasarkan aktivitas mereka sebelumnya di platform WalletConnect. CEO WalletConnect, Jess Houlgrave, menyatakan WCT akan memainkan peran penting dalam desentralisasi tata kelola dan memperkuat keterlibatan komunitas.

Total suplai WCT mencapai 1 miliar, dengan 18,5% atau 185 juta token dialokasikan untuk airdrop. Para pengguna, pengembang, dan operator node yang berkontribusi dalam pengembangan jaringan ini akan menerima bagian token. Namun, dompet atau alamat IP yang terkena sanksi tidak akan diizinkan mengikuti program ini. Pendaftaran berakhir pada 11 Oktober 2024, dengan distribusi token dilakukan setelahnya.

Pada tahap awal, token WCT tidak bisa dipindahtangankan dan digunakan hanya untuk tata kelola dan staking, menjaga fokus pada stabilitas jaringan. Transferabilitas token diperkirakan baru akan dimulai pada 2025, tergantung keputusan komunitas.

Beberapa perusahaan besar seperti Consensys, Ledger, dan Figment sudah terlibat dalam ekosistem WalletConnect, menegaskan posisi WalletConnect sebagai infrastruktur penting dalam dunia Web3.

Pendiri WalletConnect, Pedro Gomes, menegaskan bahwa pertumbuhan platform ini sangat pesat. Dengan peluncuran WCT, WalletConnect semakin dekat untuk menjadi jaringan desentralisasi utama dalam komunikasi berbasis blockchain. Gomez mencatat bahwa sejak diluncurkan pada 2018, WalletConnect telah tumbuh pesat. 

"Sejak awal, tujuan kami adalah menjadikan WalletConnect sebagai infrastruktur yang desentralisasi dan penting bagi internet baru. Dengan peluncuran WCT, kami telah melihat pertumbuhan 240% dalam 12 bulan terakhir dan memfasilitasi lebih dari 150 juta koneksi. WCT akan mendorong pertumbuhan lebih lanjut dan menarik lebih banyak mitra," ujar Gomez dikutip dari CoinSpeaker.