Bagikan:

JAKARTA - Pembuat perangkat lunak CDK pada Jumat 28 Juni mengatakan telah memulihkan dua kelompok kecil dan satu kelompok besar pengecer mobil yang terdaftar secara publik ke sistem manajemen dealernya setelah gangguan yang disebabkan oleh serangan siber.

CDK, yang tidak menyebutkan nama dealer kendaraan tersebut, menambahkan bahwa mereka terus melakukan pendekatan bertahap dalam proses pemulihan perangkat lunaknya. Perusahaan juga mengatakan bahwa mereka "secara aktif bekerja" untuk mengaktifkan lebih banyak aplikasi, termasuk manajemen hubungan pelanggan, solusi layanan, dan saluran layanan pelanggan.

Pada Rabu, 26 Juni, CDK membawa "kelompok uji coba awal kecil" dari dealer kembali ke sistem manajemen dealernya dan mengatakan akan mulai memulihkan dealer lainnya secara bertahap.

Gangguan ini memaksa beberapa dealer mobil di AS untuk kembali menggunakan dokumen manual, dengan lebih dari 15.000 lokasi ritel di negara tersebut yang bergantung pada penyedia teknologi dan perangkat lunak tersebut.

"Kami memahami dan berbagi urgensi pelanggan kami untuk kembali beroperasi seperti biasa, dan kami akan terus memberikan pembaruan saat informasi lebih lanjut tersedia," kata CDK pada  Jumat.