Dampak COVID-19, Netflix dan YouTube Turunkan Kualitas <i>Streaming</i> di Eropa
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah Netflix mengumumkan akan menurunkan kualitas video streaming di benua Eropa buntut dari pandemik COVID-19 atau virus corona, YouTube mengikuti langkah yang sama. Langkah ini jelas dilakukan untuk menghindari kesulitan akses yang kemungkinan besar akan terjadi dalam beberapa hari ke depan, terutama lockdown yang diberlakukan di beberapa negara.

Keputusan ini diambil setelah Komisioner Uni Eropa, Thierry Breton, berdiskusi dengan provider streaming video. Aksi ini dibuat agar orang-orang yang berada di dalam rumah tidak ‘berebutan’ mengakses sehingga mengakibatkan koneksi lambat. Breton betemu dengan Google, CEO Alphabet Sundar Pichai, dan CEO Youtube Susan Wojcicki.

“Kami akan bekerja sama dengan pemerintah Eropa dan operator koneksi untuk meminimalisasi sistem dan memberikan pengalaman yang baik,” ujar YouTube dalam pernyataan yang dilansir dari Variety, Jumat, 20 Maret.

Tingginya penggunaan layanan video streaming meningkatkan kinerja Netflix maupun YouTube dalam melayani kualitas terbaik mereka. Kemudahan mengakses serta pilihan konten eksklusif dipercaya menjadi faktor mengapa keduanya erat dalam genggaman pengguna internet saat ini. Apalagi pandemik virus corona yang sedang merebak di benua Eropa memaksa penduduk untuk beraktivitas di dalam rumah.

Dikutip dari Sandvine, beberapa waktu belakangan, kepopuleran YouTube meningkat tajam mengalahkan Netflix. Hasil ini tidak hanya dihitung berdasarkan pengguna di Eropa tetapi juga China dan India.

Mereka yang sedang berdiam di rumah banyak memilih menonton aplikasi streaming video baik untuk belajar maupun sarana hiburan. Aktivitas ini menjadi pelengkap social distancing demi menghindari keluar dari rumah. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh kedua raksasa layanan streaming adalah dengan menurunkan standar kualitas video serta memperbarui layanan dengan konten terbarunya.

YouTube yang senantiasa menyempurnakan YouTube Music dan kontennya sedangkan Netflix mempersiapkan berbagai serial dan film seperti musim ketiga Fauda, drama Korea The King: Eternal Monarch dan Extracurricular, Money Heist musim keempat, dan masih banyak lainnya.