Bikin Foto Jadul “Hidup” Lagi Lewat Aplikasi MyHeritage
Aplikasi MyHeritage yang bisa hidupkan foto lawas (Tech Crunch)

Bagikan:

JAKARTA - Netizen sedang diramaikan dengan foto-foto lawas yang tampak hidup. Banyak dari mereka mengunggah kembali foto jadul keluarga atau kerabat yang telah lama meninggal untuk hidup lagi.

Lewat aplikasi MyHeritage foto-foto lawas seakan bergerak, berkedip, tersenyum dan menoleh sebagaimana ketika mereka masih hidup. Aplikasi ini langsung viral dan banyak diunduh ke media sosial.

Aplikasi berbasis editing gambar ini dikembangkan oleh perusahaan MyHeritage, yang khusus mengembangkan perangkat lunak dan situs yang berkaitan dengan silsilah keturunan. Perusahaan MyHeritage didirikan oleh Gilad Japhet.

Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat membuat pohon silsilah keluarga, mencari keturunan atau leluhur lewat foto dan mengunggahnya. Perusahaan MyHeritage telah mengembangkan aplikasinya, termasuk kemampuan untuk mengidupkan foto statis dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) melalui fitur Deep Nostalgia.

“Anda akan mendapatkan momen yang “wow” ketika memandang foto keluarga berharga Anda menjadi hidup dengan fitur Deep Nostalgia,” ujar Japhet.

“Melihat wajah nenek moyang tercinta kita menjadi hidup dalam simulasi video, membuat kita membayangkan bagaimana wujud mereka dalam nyata dan memberikan cara baru yang mendalam untuk berhubungan dengan sejarah keluarga,” tambahnya, sebagaimana dikutip dari People.

MyHeritage Kolaborasi D-ID

MyHeritage berkolaborasi dengan sebuah perusahaan yang fokus pada pembuat peraga video dengan memakai teknik “deep learning” AI. Perusahaan tersebut bernama D-ID itu menggunakan blueprint yang diambil dari video prarekam atau “drivers”. Perusahaan tersebut bisa membikin foto menjadi bergerak.

Gerakan mimik wajah itu disesuaikan dengan bentuk wajah yang ada di gambar. Dengan demikian, foto statis bisa menghadirkan gestur wajah termasuk, senyum, berkedip, menoleh, mengangguk.

“Teknologi terkadang perlu untuk mensimulasi bagian yang tidak muncul dalam foto asli, seperti gigi atau telinga, dan kualitas hasil akhirnya mungkin akan berbeda-beda,” kata pihak MyHeritage melalui laman resminya.

Kini aplikasi MyHeritage sudah tersedia di Google PlayStore dan di Apple App Store. Pengguna sudah bisa menggunakan aplikasi ini dan mengedit foto jadi bergerak selayaknya manusia hidup.