Ingin Kerja di Google, Begini Persiapan Tesnya
Cara kerja di Google (Tech Crunch)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam beberapa tahun, Google menempati posisi tertinggi sebagai perusahaan paling nyaman untuk karyawan. Banyak orang ingin bekerja di perusahaan raksasa teknologi itu, namun masih banyak yang belum tahu cara melamar kerja di Google.

Meskipun demikian, Google tidak sembarangan merekrut calon karywan. Di sisi lain, tingkat penerimaan di Google juga terhitung sedikit. Mereka berpedoman pada slogan “Apply. Interview. Decide.” yang berarti “Lamar. Wawancara. Tentukan.”

Melansir CNBC, setidaknya ada 12 kali tahapan wawancara agar kalian bisa diterima di Google. Sundar Pichai yang kini menjabat CEO Google saja, harus menjalani wawancara setidaknya sembilan kali. Waktu itu ia melamar posisi sebagai SVP Manajemen Produk.

Untuk mengetahui cara bekerja di Google, berikut ini tahapan yang harus dipersiapkan oleh calon pelamar.

1. Registrasi ke Google

Google sudah menyediakan laman khusus terkait informasi pekerjaan di perusahaan teknologi itu. Calon pelamar bisa mengunjungi laman https://careers.google.com kemudian bacalah informasi tentang bermacam-macam karier yang disediakan oleh perusahaan.

Selain di Amerika, Google memiliki kantor yang tersebar di berbagai negara dunia, termasuk di Indonesia. Anda bisa melihat pekerjaan berdasarkan lokasi. Kantor Google di kawasan Asia Pasifik terdapat di Singapura.

2. Tentukan Jenis Pekerjaan yang Diinginkan

Agar Anda dapat bekerja di Google, usahakan untuk memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan background calon pelamar seperti skill dan pendidikan yang pernah ditempuh.

Google sangat memperhatikan hal ini. Perusahaan itu juga mengungkapkan bahwa mereka memperhatikan prestasi dan informasi yang lebih spesifik tentang skill dan pengalaman Anda.

3. Bikin CV Satu Halaman Saja

Dalam CV, Anda dituntut menyampaikan informasi dengan ringkas dan padat tentang fokus Anda pada jenis pekerjaan yang ingin dilamar. Pasalnya Google tidak akan melihat profil diri Anda di dalam resume.

Berbeda dengan resume yang dikirimkan untuk perushaaan lain, Anda tidak perlu memuat informasi terkait pendidikan dan pengalaman kerja. Pasalnya, ketika Anda sudah apply  di sana, Google sudah menyiapkan form khusus untuk informasi pendidikan dan pengalaman bekerja.

4. Kuasai Bahasa Inggris

Mengingat Google adalah perusahaan raksasa teknologi dunia, akan lebih baik bagi Anda untuk menguasai bahasa Inggris, baik writing maupun speaking. Walaupun yang Anda pilih adalah perusahaan Google cabang Indonesia, kemampuan bahasa Inggris tetap harus dikuasai dengan baik dan lancar. Hal ini berguna bagi Anda ketika menjalin komunikasi dngan orang-orang dari negara lain.

5. Persiapkan Diri untuk Interview

Jika kalian ingat cuplikan film The Internship, film komedi yang perankan Vince Vaughn dan Owen Wilson sebagai wiraniaga yang harus bersaing dengan pelamar lainnya untuk mendapatkan pekerjaan magang di Google. 

Ada baiknya bagi Anda yang lolos seleksi awal harus mempersiapkan diri dengan baik. Pasalnya, setelah dokumen CV apply lolos, pihak perusahaan akan menghubungi untuk melanjutkan ke tahap interview.

Dalam mewawancarai calon karyawan, Google menggunakan metode sains yang terstruktur dan tidak bertele-tele. Ketika tahapan interview, calon karyawan akan ditugaskan untuk membuat berbagai pertanyaan terkait topik tertentu. Setelah itu akan diarahkan untuk membikin penilaian untuk dicocokkan.

Hal ini berbeda dengan perusahaan lain, di mana HRD memberikan pertanyaan kepada calon karywan. Di Google justru sebaliknya. Dalam membuat pertanyaan, Anda harus memperhatikan 4 hal yaitu kemampuan belajar dan adaptasi dengan cepat, kepemimpinan, kooperatif, dan pengetahuan dan pengalaman bidang yang ingin dilamar.

Demikian cara kerja di Google dan hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum melamar di perusahaan raksasa teknologi tersebut.