Bagikan:

JAKARTA – Durasi layar merupakan informasi perangkat yang seharusnya diperiksa secara berkala. Fitur ini berguna untuk mengetahui berapa lama durasi Anda menatap layar dan aplikasi apa saja Anda buka sehari-hari.

Fitur yang memberikan informasi tentang durasi layar juga memperlihatkan aplikasi mana yang paling sering Anda gunakan sehingga Anda bisa membatasi diri. Berikut ini merupakan cara melihat durasi pemakaian layar, dikutip dari How to geek.

Samsung memiliki fitur Kesejahteraan Digital yang memperlihatkan cara Anda dalam menggunakan ponsel. Fitur ini juga mencakup informasi durasi pemakaian layar. Untuk mengakses fitur tersebut, buka Pengaturan Cepat terlebih dahulu.

Anda bisa membuka Pengaturan dengan menarik layar dari atas dan mengeklik ikon roda gigi di sudut kanan atas layar. Setelah halaman Pengaturan terbuka, gulir layar ke bawah dan ketuk menu Kesejahteraan Digital dan Kontrol Orang Tua.

Berikutnya, buka menu Kesejahteraan Digital. Di halaman tersebut, Anda bisa melihat durasi penggunaan ponsel berdasarkan kategori produktivitas dan keuangan, sosial, serta video. Masing-masing kategori memperlihatkan penggunaan ponsel Hari Ini dan Minggu Ini.

Untuk melihat informasi durasi layar yang lebih jelas, termasuk informasi mengenai aplikasi yang sering digunakan, klik ikon grafik di pojok kanan atas layar. Saat ikon diklik, Anda bisa melihat grafik batang yang menunjukkan durasi pemakaian perangkat setiap harinya.

Anda bisa menggulir layar untuk melihat informasi yang lebih detail seperti aplikasi apa yang paling sering digunakan dan berapa lama durasi penggunaannya. Masing-masing aplikasi juga bisa diklik untuk memperlihatkan informasi yang lebih detail.