Bagikan:

YOGYAKARTA – Sebagian di antara kita mungkin ada yang belum mengenal Leonardo AI. Ini adalah tools gambar grafis berbasis AI (artificial intelligence/kecerdasan buatan) yang banyak digunakan oleh developer game.

Dengan bantuan Leonardo AI, developer game bisa menghasilkan aset-aset dalam game, mulai dari lingkungan, karakter, animasi, hingga suara.

Artikel berikut ini akan membahas secara lebih detail tentang apa itu Leonardo AI, fitur-fitur, dan cara menggunakannya.

Mengenal Leonardo AI

Leonardo AI adalah platform populer yang dapat menghasilkan aset visual berkualitas tinggi untuk berbagai proyek. Platform ini menggabungkan kecerdasan buatan dan seni sehingga bisa menjadi alat bantu untuk menciptakan desain karakter, aset game, desain grafis, konsep seni, fashion, periklanan, pemasaran, arsitektur, dan masih banyak lagi.

Leonardo AI menghadirkan antarmuka intuitif yang secara khusus melayani para seniman, memungkinkan mereka untuk menghasilkan ide, melatih model AI, serta membuat materiorisinal yang cocok untuk produksi.

Dengan bantuan Leonardo AI, developer bisa dengan mudah mengekspresikan aset yang mereka inginkan melalui input teks, dan dalam hitungan detik, alat ini menghasilkan representasi visual dari ide mereka.

Fitur-fitur Leonardo AI

Leonardo AI dibekali dengan fitur-fitur menarik yang dapat meningkatkan kreativitas pengguna, seperti image generation, AI Canvas, dan 3D texture generation. Adapun penjelasannya sebagai berikut:

  • Image generation: fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghidupkan konsep yang sebelumnya tidak mungkin. Tools ini membantu seniman untuk berinteraksi dan menciptakan ide, membuat materi asli, hingga melatih model AI yang sesuai untuk diproduksi.
  • AI canvas: fitur Leonardo AI yang satu ini memberikan kendali penuh bagi pengguna dalam melakukan proses pengeditan desain. Tampilan antarmuka AI yang mudah digunakan membuat pengguna dapat degan bebas mengubah dan mengedit desai sesuai kreatifitas.
  • 3D texture generation: Fitur ini mampu menciptakan tekstur cerdas yang sesuai dengan objek dan konteks dalam aset 3D. dengan 3D texture generation, pengguna bisa mendapatkan sentuhan realisme yang luar biasa pada kreasi visualnya.

Model AI Unggulan di Leonardo AI

Platform Leonardo AI menawarkan berbagai model AI unggulan yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai tujuan, seperti:

  • Lykon: model ini dapat menciptakan animasi 3D yang realistis.
  • Absolute Reality: model ini merupakan pilihan tepat untuk gaya vintage dan fotografi klasik.
  • DreamShaper: model ini dapat menghasilkan image fotorealistik dengan detail yang luar biasa.

Cara Menggunakan Leonardo AI

Untuk dapat menggunakan Leonardo AI, ikuti panduan berikut ini:

  • Buka peramban dan kunjungi situs web Leonardo AI
  • Berikutnya, pilih “Buka akun”.
  • Masukkan nama dan alaamt email.
  • Jika sudah, klik “Count me in” yang terletak di bagian bawah formulir.
  • Tunggu hingga mendapatkan email verifikasi.
  • Ikuti instruksi berikutnya untuk menyelesaikan pendaftaran.
  • Bila sudah berhasil mendaftar dan membuat akun, Anda akan mendapatkan 150 kredit untuk membuat gambar.

Demikian informasi tentang Leonardo AI. Semoga artikel di atas bisa membantu Anda untuk mengenal Leonardo AI lebih dalam. Untuk mendapatkan update berita pilihan lainnya, baca terus VOI.ID.