Bagikan:

JAKARTA - Modus penipuan yang mengatasnamakan atasan atau bos di kantor Anda yang mengaku tentang keadaan darurat bukanlah hal baru. 

Anatomi serangan

Skema dapat muncul dalam berbagai bentuk. Umumnya, penipu akan menggambarkan berbagai masalah yang dihadapi oleh perusahaan Anda tergantung pada situasi negara tertentu, menyebutkan keterlibatan regulator, polisi, atau mitra bisnis utama. 

Untuk itu, Kaspersky mengungkap cara mengenali skema penipuan yang mungkin dapat digunakan sebagai serangan.  

Kebanyakan orang saat ini sudah mulai menolak permintaan aneh dari orang asing — baik itu petugas polisi atau pegawai bank yang secara pribadi. Jadi, penipu mendekati korban dengan menyamar sebagai kolega dekat, dan sering kali memilih profil manajer C level sebagai umpan. 

Pertama, mereka mempunyai otoritas, kedua, kemungkinan besar korban mengenal orang tersebut. Namun, ada variasi dalam skema ini di mana penipu menyamar sebagai rekan kerja dari departemen utama, yang mungkin tidak Anda kenal secara pribadi.

Pengalihan ke pihak eksternal. Skema ini bisa dimulai dengan atasan yang menyarankan Anda untuk mendiskusikan detail masalah kantor melalui kontraktor eksternal yang akan menghubungi Anda. 

Kemudian atasan akan meminta Anda untuk mengerahkan semua bantuan yang mereka perlukan dan tanpa penundaan. Permintaan harus mendesak agar korban tidak mempunyai waktu untuk berhenti dan menganalisa situasi. 

“Segera untuk audit”, “keperluan mendesak mitra”, “jumlahnya akan membutuhkan konfirmasi sore ini”. Menurut Kaspersky, penipu sering melakukan bagian percakapan ini melalui telepon, memberitahu korban untuk tidak menutup telepon sampai uang ditransfer.

Nah, untuk mencegah siapa pun turut campur dalam penipuan tersebut, pelaku sejak awal memperingatkan korban bahwa membicarakan insiden tersebut dengan siapa pun dilarang keras karena pengungkapannya akan mengakibatkan konsekuensi yang berbahaya. 

Penipu mungkin mengatakan bahwa mereka tidak punya orang lain yang bisa dipercaya, atau bahwa beberapa karyawan lainnya adalah penjahat atau tidak loyal kepada perusahaan.