Bagikan:

JAKARTA - Anggota DPR AS dari Partai Demokrat sedang menyelidiki SpaceX atas kekhawatiran bahwa perusahaan itu tidak melakukan cukup usaha untuk mencegah Rusia menggunakan layanan internet satelit Starlink sebagai bagian dari perang terhadap Ukraina. Hal ini diungkapkan dua anggota DPR tersebut pada Kamis, 7 Maret.

Dalam surat kepada perusahaan tersebut, kedua anggota DPR tersebut menyatakan bahwa tuduhan intelijen Ukraina bahwa pasukan militer Rusia menggunakan terminal Starlink di Ukraina timur sangat mengkhawatirkan dan bahwa penggunaan tersebut bisa melanggar sanksi AS.

"Penggunaan terminal Starlink di luar batas-batas yang diakui secara internasional oleh Rusia merupakan ancaman serius terhadap keamanan Ukraina, nyawa warga Ukraina, dan keamanan nasional AS," tulis anggota DPR AS, Jamie Raskin dan Robert Garcia dalam surat kepada Presiden SpaceX, Gwynne Shotwell.

Pihak Kremlin telah membantah bahwa pasukannya menggunakan Starlink, sebuah anak perusahaan milik Elon Musk yang dimiliki oleh SpaceX.

Perwakilan untuk SpaceX tidak memberikan tanggapan atas permintaan komentar mengenai surat tersebut, yang pertama kali dilaporkan oleh The Washington Post.

Terminal Starlink menyediakan koneksi internet berkecepatan tinggi dan dipasang secara mendadak untuk membantu Ukraina setelah invasi Rusia pada Februari 2022, yang terbukti sangat penting untuk komunikasi di medan pertempuran Kiev.

Pada bulan Februari, pejabat Ukraina mengklaim bahwa Rusia memperoleh terminal tersebut dari negara-negara Arab dan telah memasangnya di daerah yang dikuasainya di Ukraina. Kiev telah meminta SpaceX untuk mencegah Moscow menggunakan terminal tersebut di daerah yang didudukinya.

Starlink telah menyatakan bahwa mereka tidak melakukan bisnis dengan pemerintah atau militer Rusia, dan Musk dalam sebuah kiriman di X bulan lalu mengatakan bahwa laporan bahwa perusahaan itu menjual terminal kepada Rusia adalah palsu.

Penyelidikan oleh anggota DPR AS ini muncul saat negara-negara Barat berupaya membantu Ukraina dengan lebih banyak senjata dan pendanaan setelah counter-offensive yang gagal oleh Kiev musim panas lalu dan setelah pasukan Rusia kembali mengambil inisiatif di medan perang.

Ukraina bersiap untuk tindakan counter-offensive, lebih dari dua tahun setelah pasukan Rusia menyerbu negara tetangga tersebut.

Kiev telah memohon untuk bantuan lebih banyak, tetapi paket bantuan AS yang vital telah terhenti oleh Republikan di Kongres atas permintaan mantan Presiden Republik, Donald Trump, yang saat ini melakukan upaya ketiga untuk merebut kembali kursi di Gedung Putih dan telah memuji Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Presiden AS yang berasal dari partai Demokrat, Joe Biden, berencana untuk memperbarui permintaannya untuk paket bantuan senilai 95 miliar dolar AS (Rp 1.491,7 triliun) untuk senjata bagi Ukraina dalam pidato Kenegaraan tahunannya pada Kamis malam.

Dalam surat mereka, yang bertanggal Rabu, 6 Maret, anggota-anggota DPR Demokrat meminta SpaceX untuk memberikan tanggapan sebelum tanggal 20 Maret.