Ponsel Anda Jatuh ke Air? Segera Lakukan Hal Ini!
Ilustrasi ponsel yang mati setelah terendam (dok. unsplash).

Bagikan:

JAKARTA – Tidak semua perangkat seluler memiliki kode sertifikasi IP68. Kode ini menunjukkan bahwa perangkat Anda bisa dimasukkan ke dalam air, tetapi terbatas hingga kedalaman 1,5 meter.

Jika perangkat Anda hanya aman dari debu dan percikan air, jangan sampai perangkat Anda jatuh ke dalam air. Jika hal ini sudah terjadi, segera lakukan beberapa tindakan agar komponen perangkat Anda tidak rusak.

Dilansir dari Makeuseof, jangan pernah menyalakan ponsel yang baru saja terendam. Hal ini bisa meningkatkan risiko kerusakan pada komponen. Bahaya lainnya yang mungkin terjadi ialah korsleting yang memberikan sengatan listrik.

Biarkan ponsel Anda tetap dalam keadaan mati, lalu keringkan bagian luar perangkat. Jika baterai ponsel Anda bisa dilepas, keluarkan baterainya dari kompartemennya dan letakkan di permukaan rata. Tepuk pelan baterai dengan kain hingga air terserap.

Selanjutnya, segera keluarkan kartu SIM atau SD Card dan keringkan juga dengan kain yang tidak berbulu. Jika semua tahapan sudah dilakukan, taruh ponsel di ruangan yang hangat atau di luar ruangan, tetapi hindari sinar matahari langsung.

Jangan menggunakan alat pengering untuk menghilangkan air dari perangkat Anda. Pasalnya, alat tersebut bisa merusak baterai atau komponen di dalam perangkat. Biarkan untuk mengering dengan sendirinya.

Setelah dikeringkan, periksa kembali bagian ponsel Anda, seperti port USB dan port jack audio. Pastikan keduanya sudah kering. Kemudian, hilangkan sisa air dari speaker dengan menggunakan gel silika dari toko terdekat.

Anda hanya perlu memasukkan perangkat ke dalam suatu wadah dan rendam dengan gel silika. Tutup wadah dengan rapat dan tunggu hingga satu atau dua hari. Jika sudah benar-benar kering, Anda bisa mencoba menyalakan ponselnya.

Perlu diingat bahwa cara ini mungkin tidak berhasil karena tergantung pada ketahanan perangkat dan seberapa banyak air yang masuk. Jika ponsel Anda masih tidak menyala maka Anda harus pergi ke layanan servis yang mengelola perangkat Anda.