Kabar Baik! Google Hadirkan Chrome di Laptop Windows Berbasis CPU Arm
Ilustrasi Chrome di Windows CPU Arm (foto: dok. Google)

Bagikan:

JAKARTA – Google memberikan kejutan bagi para pengguna laptop Windows berbasis CPU Arm. Dalam waktu dekat, mereka bisa mengunduh aplikasi Chrome yang asli dan bisa berjalan dengan stabil.

Kehadiran Chrome untuk Windows yang mendukung CPU Arm ini pertama kali ditemukan oleh Pedro Justo, pengguna platform X, pada Jumat, 26 Januari. Ia membagikan situs web resmi untuk mengunduh Chrome Canary versi Windows-64 bit.

Meski website untuk mengunduh aplikasinya sudah tersedia, Chrome belum bisa bekerja secara stabil. Saat ini, Google masih mengembangkan aplikasi tersebut dan belum diketahui kapan mereka akan merilis versi yang lebih stabil.

Jika pengguna Windows dengan CPU Arm sudah tidak sabar untuk mengunduh Chrome, mereka bisa langsung mengunduh aplikasinya melalui situs web resmi Chrome untuk versi Canary. Pada bagian keterangan, klik versi khusus Windows 64-bit.

Munculnya Chrome untuk Windows berbasis CPU Arm merupakan kabar baik. Pasalnya, laptop ini terkenal dengan kurangnya dukungan aplikasi. Walaupun pengguna laptop ini bisa menggunakan Microsoft Edge, beberapa pengguna mungkin lebih nyaman menggunakan Chrome.

Sebenarnya, Microsoft Edge di Windows berbasis CPU Arm menggunakan Chromium, browser open-sourced buatan Google. Chromium berbagi kode dan memiliki fitur yang sama dengan Chrome, tetapi lisensi dan pengoperasiannya tetap berbeda.

Dengan hadirnya Chrome yang asli untuk Windows berbasis Arm, sejumlah pengguna mungkin akan beralih dari browser Edge. Pasalnya, menggunakan Chrome yang dikelola langsung oleh Google akan terasa berbeda dibandingkan dengan Edge.