Cara Mudah Jadi Kontributor Canva: Yakin Gak Pengen Uang Tambahan?
Cara Mudah Jadi Kontributor Canva (Gambar Alexander Mils-Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Jadi kontributor Canva ialah salah satu alternatif buat kalian yang mau memperoleh duit ekstra dari membuat desain grafis. Ingin tahu cara mudah jadi kontributor Canva?

Pada saat jadi kontributor Canva, desain grafismu yang sudah diunggah bakal memperoleh royalti tiap kali digunakan oleh pengguna Canva.

Metode kerja royalti Canva mirip dengan penghasilan YouTube. Bedanya, kontributor Canva memperoleh duit tiap desainnya digunakan, YouTuber memperoleh duit tiap kali videonya ditonton.

Melansir dari situs Canva, pemasukan kontributor Canva bakal dibayar dalam mata uang USD tiap tanggal 15 tiap bulannya. Walaupun rerata royalti perbulan bersifat rahasia, tetapi Canva mengatakan kalau dalam satu tahun, perusahaan tersebut menggelontorkan dana lebih dari Rp400 miliyar selaku royalti para kontributor.

Metode jadi kontributor di Canva pula tidak susah. Kalian cuma butuh mendaftarkan diri buat jadi seseorang kontributor. Lalu bagaimana cara jadi kontributor Canva? Dalam postingan ini sudah dipaparkan tata cara jadi kontributor di Canva

Mengenal Canva

Canva ialah suatu aplikasi desain grafis all-in-one yang terbuat oleh perusahaan Canva asal Australia. Lewat Canva, para penggunanya bisa membuat desain grafis buat bermacam keperluan seperti membuat infografik, poster, presentasi, penyuntingan gambar serta video, serta semua hal yang berhubungan dengan desain grafis.

Aplikasi ini jadi terkenal sebab kemudahan yang ditawarkan untuk membuat desain grafis. Terdapatnya template desain mempermudah orang-orang awam untuk membuat desain grafis sesuai kemauan. Per Juni 2023, pengguna Canva ditaksir meraih 135 juta orang yang aktif memakai Canva selaku aplikasi desain grafis.

Cara Mudah Jadi Kontributor Canva

Kontributor Canva saat ini disebut selaku kreator Canva. Ada 2 tipe kreator yang diatur, yaitu kreator elemen serta kreator template.

Sesuai namanya, kreator elemen merupakan desainer elemen yang digunakan dalam Canva serta memperoleh royalti tiap kali elemen yang dihasilkan digunakan oleh pengguna. Kreator elemen dibuka buat umum, kalian cuma butuh mendaftar serta membuat akun selaku kreator elemen Canva.

Sedangkan kreator template ialah kontributor yang mendesain bermacam template serta elemen. Akan tetapi, Canva tidak membuka registrasi kreator template secara umum. Buat jadi kreator template, kalian butuh menjajaki tahap seleksi terlebih dulu.

Berikut merupakan langkah jadi kontributor Canva, baik itu kreator elemen ataupun kreator template.

Cara Jadi Kreator Elemen Canva

Buat jadi kreator elemen Canva, kalian butuh menjajaki proses registrasi serta persetujuan yang diresmikan oleh Canva. Berikut merupakan langkah-langkahnya:

  1. Buka situs website kreator Canva di https://www.canva.com/creators/apply.
  2. Kalian bakal diminta buat login ke akun Canva milikmu.
  3. Sehabis log in, klik bilah "Elemen" di sebelah kanan halaman.
  4. Isi formulir yang bakal diberikan kepadamu dengan identitas yang benar, termasuk tipe desain yang bakal kalian buat.
  5. Klik "Submit".
  6. Canva bakal melaksanakan review formulir, bila diterima Canva bakal mengirimkan pemberitahuan lewat surel.

Cara Jadi Kreator Template Canva

Buat jadi kreator template, kalian butuh membuat portofolio terlebih dulu. Portofolio bisa berbentuk web ataupun media sosial semacam Instagram. Sehabis membuat portofolio, jalani langkah berikut buat jadi kreator template Canva:

  1. Buka situs website kreator Canva di https://www.canva.com/creators/apply.
  2. Pilih bilah "Template" di sebelah kanan halaman.
  3. Isi bilah portofolio dengan URL media sosial ataupun web tempat kalian menyimpan portofolio.
  4. Klik "Submit".
  5. Canva bakal melaksanakan review serta bakal mengirimkan konfirmasi lewat surel bila menerima portofoliomu.

Bila diterima, kalian bakal memperoleh kursus singkat pembuatan desain di Canva.

Perlu diingat, Canva saat ini tidak membuka pendaftaran kreator elemen sebab banyaknya pendaftar. Pastikan selalu mengecek informasi apakah registrasi sudah dibuka.

Ternyata kita bisa loh “OpenAI Integrasikan Canva ke ChatGPT” agar membuat desain lebih mudah!

Jadi setelah mengetahui cara mudah jadi kontributor Canva, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!