Transformasi Platform Jobstreet by SEEK di Indonesia Hadirkan Banyak Fitur yang Didukung AI
Sawitri, Indonesia Country Marketing Manager, Jobstreet by SEEK dan Varun Mehta, COO - Indonesia, Jobstreet by SEEK (foto: Dinda Buana/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Jobstreet by SEEK meluncurkan serangkaian pembaruan platformnya di Indonesia dengan menambahkan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang paling canggih milik perusahaan induk, SEEK. 

Adapun transformasi platform ini dimaksudkan untuk memberikan rekomendasi pekerjaan yang lebih relevan, pengalaman baru, dan wawasan yang lebih mendalam untuk pencari kerja dan perusahaan di Indonesia.

"Dengan memanfaatkan AI, platform kami dapat membantu pencari kerja dan perusahaan untuk terhubung dengan lebih mudah dan lebih akurat," kata Varun Mehta, COO - Indonesia, Jobstreet by SEEK, dalam media briefing yang dilaksanakan pada Rabu, 12 Desember.

Platform Jobstreet by SEEK baru yang didukung AI ini akan dapat menilai kecocokan pencari kerja, menyeleksi lamaran, dan memberikan rekomendasi yang dipersonalisasi melalui data dari berbagai sumber, termasuk resume pencari kerja, deskripsi lowongan kerja, dan keputusan perusahaan sebelumnya. 

Dengan demikian, melalui pembaruan ini, para pencari kerja sekarang akan melihat sebuah lencana bertuliskan "Kamu mungkin calon pelamar kuat" di platform Jobstreet, yang menandakan bahwa Anda memiliki kesempatan besar dan cocok dengan posisi tersebut.

Selain itu, Jobstreet juga menyediakan lebih dari 30.000 pertanyaan yang direkomendasi menggunakan algoritma AI berdasarkan deskripsi pekerjaan dan perilaku perusahaan sebelumnya untuk menyaring kandidat paling relevan dengan posisi yang dibutuhkan.

Lebih lanjut, Sawitri, Indonesia Country Marketing Manager, Jobstreet by SEEK juga menyebutkan bahwa platform baru yang didukung oleh AI ini memperkenalkan fitur baru, yakni sinyal pendekatan prediktif, yang dirancang untuk membantu mencocokkan kandidat dengan perusahaan secara lebih tepat dan efektif. 

"Dengan menggunakan teknologi prediktif yang canggih, Jobstreet by SEEK dapat memberikan kandidat yang dapat ditawarkan untuk berdiskusi mengenai peluang kerja baru, bahkan sebelum lowongan diiklankan," jelasnya.

Di sisi pencari kerja, Anda sekarang dapat menentukan visibilitas profil Anda. Hampir mirip seperti di LinkedIn, fitur visibilitas di Jobstreet ini menginformasikan perusahaan bahwa mereka terbuka terhadap peluang kerja baru meskipun mereka tidak secara aktif mencari pekerjaan.

Selain itu, Jobstreet by SEEK menyediakan saran karier dan informasi gaji yang mendalam dan didukung oleh data yang tersedia dalam platform Jobstreet. Hal ini dapat membantu kandidat untuk menavigasi percakapan seputar gaji dengan mengetahui kisaran gaji standar pekerjaan mereka, atau membuat keputusan yang tepat seputar karir mereka.