Bitcoin Tembus Rp 550 Jutaan, Altcoin Ikut Melonjak
Harga Bitcoin naik signifikan seiring dengan merebaknya rencana ETF Bitcoin. (Foto; Dok. Benzinga)

Bagikan:

JAKARTA - Bitcoin (BTC) kembali menjadi sorotan publik setelah berhasil menembus level resistensi Rp 550 juta (35.000 dolar AS) pada Minggu pagi, 5 November 2023. Kenaikan ini menandai tren positif yang berlanjut dengan penguatan nilai dalam beberapa jam berikutnya, menciptakan sentimen pasar yang positif di tengah liburan akhir pekan kemarin.

Data CryptoSlate menunjukkan bahwa Bitcoin, aset kripto unggulan saat ini, diperdagangkan pada angka Rp552,8 juta ( 35.155 dolar AS), dan penjual tampaknya gagal menekan harga hingga saat ini.

Sebelumnya, Bitcoin sempat mengalami koreksi setelah mencatat kenaikan minggu lalu, seiring antisipasi terhadap laporan tenaga kerja AS. Meskipun laporan tersebut menunjukkan perlambatan imbal hasil obligasi dan pasar tenaga kerja, dampaknya pada Bitcoin tampaknya tidak terlalu signifikan dalam seminggu terakhir.

Kendati begitu, saat ini Bitcoin berada di atas level resistensi dari minggu sebelumnya selama lebih dari 12 jam, menunjukkan tanda-tanda konsolidasi. Reli ini kemungkinan besar dipicu oleh berita positif tentang Bitcoin, terutama yang berkaitan dengan rencana pengajuan Exchange Traded Fund (ETF) dari BlackRock.

Pasar kripto dengan penuh harap menunggu persetujuan regulator terkait beberapa proposal pengajuan ETF Bitcoin yang diajukan oleh manajer aset terbesar di dunia. Para ahli memperkirakan bahwa ETF ini akan menjadi fondasi penting bagi dana institusional untuk memasuki dunia kripto karena diatur dengan baik.

Chief Investment Officer (CIO) dari Valkyrie, Steven McClurg, optimistis bahwa SEC akan memberikan lampu hijau untuk ETF tersebut pada bulan November.

Altcoin Ikut Melonjak

Sementara itu, altcoin juga mulai menunjukkan tanda-tanda kenaikan pada minggu lalu ketika harga Bitcoin mengalami koreksi. Sebagian besar dari 100 token teratas mencatat kenaikan yang signifikan selama seminggu terakhir.

Menurut perusahaan analisis kripto Santiment, altcoin mengambil alih keuntungan yang hilang ketika investor mulai beralih ke proyek-proyek besar dan menengah lainnya. Beberapa token mid-cap bahkan mengalami kenaikan lebih dari 100% setiap minggunya.

Salah satu altcoin yang mencuri perhatian adalah NEO, yang telah menjadi salah satu yang terbaik dalam 24 jam terakhir dengan kenaikan sebesar 32,04%, dan dalam tujuh hari terakhir dengan kenaikan sebesar 59,3%.

Dalam sebulan, NEO bahkan mencatat lonjakan lebih dari 100%. Momentum penguatan awal ini didorong oleh berita positif tentang ekosistem yang bekerja pada sidechain yang kompatibel dengan Ethereum.

Tak hanya NEO, beberapa token yang terkait dengan multiverse dan game juga mengalami lonjakan yang signifikan dalam 24 jam terakhir, seperti MultiversX (EGLD), Immutable X (IMX), dan Illuvium (ILV).

EGLD menunjukkan performa yang sepadan dengan NEO, dengan kenaikan sebesar 36,41% dalam 24 jam terakhir dan 58,34% dalam tujuh hari terakhir. Sementara IMX dan ILV juga mengalami penguatan, meskipun dengan tingkat kenaikan yang lebih rendah, masing-masing sebesar 18,25% dan 17,54% dalam 24 jam terakhir.

Token asli PancakeSwap, CAKE, juga mengalami penguatan signifikan dalam sebulan terakhir dengan lonjakan sebesar 83,54%, termasuk 77,68% kenaikan dalam seminggu terakhir. Token ini terus menunjukkan kinerja yang positif dengan kenaikan 16,67% dalam 24 jam terakhir.