Bagikan:

YOGYAKARTA – Tahapan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023 terdiri dari Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Seleksi SKD terdiri dari dua materi, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Intelegnsia Umum (TIU). Untuk mempersiapkan diri menghadapi SKD, peserta CPNS bisa memanfaatkan situs gratis untuk belajar SKD CPNS 2023.

Daftar Situs Gratis untuk Belajar SKD CPNS 2023

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut daftar situs gratis untuk belajar SKD CPNS tahun  2023:

  1. Sukses CPNS

Sukses CPNS adalah platform yang menyediakan layanan latihan soal SKD, SKB, dan psikotes. Lewat situs ini, Anda bisa latihan soal TWK, TIU, TKP, serta soal-soal SKB.

  1. CAT BKN

CAT BKN adalah platform yang dimiliki Badan Kepegawaian Negara (BKN). Situs ini menyediakan latihan soal SKD. Tak hanya itu, lewat situs ini, peserta seleksi CPNS juga bisa latihan soal TWK, TIU, dan TKP.

Soal-soal latihan yang dimuat di situs CAT BKN merupakan soal-soal yang pernah dipakai dalam seleksi CPNS sebelumnya.

  1. Tryout CPNS

Situs gratis untuk belajar SKD CPNS yang berikutnya adalah Tryout CPNS. Platform ini menyediakan layanan tryout SKD, TWK, TIU, dan TKP.

  1. Quiz CPNS

Quiz CPNS adalah platform belajar SKD CPNS yang menyediakan layanan soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Selain itu, situs ini juga menyediakan soal-soal TWK, TIU, dan TKP. Pelamar CPNS tak perlu mengeluarkan uang ketika belajar SKD CPNS di situs ini.

  1. Bimbel CPNS Online

Bimbel CPNS Online adalah situs yang menyediakan layanan bimbingan belajar CPNS secara online. Lewat situs ini, pelamar CPNS bisa menemukan materi dan latihan soal SKD, SKB, dan psikotes.

  1. YouTube

Pelamar CPNS juga bisa belajar soal SKD CPNS 2023 lewat YouTube. Di dalam platform steaming video ini, terdapat kanal-kanal YouTube yang menyediakan berbagai video tutorial belajar SKD CPNS, baik secara gratis maupun berbayar.

  1. Ayo CPNS

Ayo CPNS adalah situs belajar soal-soal CPNS online. Untuk bisa belajar soal SKD CPNS di situs ini, ada beberapa pilihan paket, yakni paket gratis, platinum, dan juga premium.

Setiap paket menawarkan fitur yang berbeda. Untuk fitur gratis, pelamar CPNS hanya bisa mengikuti try out gratis SKD dengan sistem CAT dan melihat grafik hasil try out.

  1. Google Drive

Google Drive adalah layanan penyimpanan cloud yang menyediakan berbagai file dokumen, termasuk soal latihan SKD CPNS. Lewat layanan ini, pelamar bisa menemukan banyak file soal SKD CPNS yang bisa diunduh secara gratis.

  1. X

Di dalam platform media sosial X (dulu Twitter) terdapat banyak akun yang menyediakan materi dan soal SKD CPNS.

Demikian informasi tentang 9 situs gratis untuk belajar SKD CPNS 2023. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.