Bagikan:

YOGYAKARTA - Cara kompres video tanpa mengurangi kualitas merupakan hal yang wajib diketahui oleh para content creator dan videografer. Anda pastinya membutuhkan ruang penyimpanan besar sebagai tempat menaruh karya-karya konten. Namun hasil video dari kamera yang bagus memiliki ukuran file yang besar pula, sehingga membuat ruang penyimpanan mudah penuh. 

Apalagi jika Anda mengambil rekaman video dengan resolusi kamera HD (1080P) dan 4K (2160 x 3840). Video yang dihasilkan akan memiliki kualitas yang bagus dan dengan ukuran file yang besar. Semakin sering Anda memproduksi video maka ruang penyimpanan juga akan semakin boros. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda bisa mengkompres video tanpa mengurangi kualitasnya. 

Cara Mengkompres Video Tanpa Mengurangi Kualitas

Selama ini mungkin Anda sudah tahu cara mengkompres video, namun ukuran file video menjadi kecil. Tapi kualitas video yang dihasilkan menjadi lebih buruk seperti gambar sedikit buram atau tidak jernih. Hal ini tentunya tidak sesuai kebutuhan Anda yang ingin mengunggah video bagus agar disukai banyak orang. 

Jika Anda ingin mengkompres video tanpa mengurangi kualitasnya, berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

Media.io Video Compressor

Aplikasi kompresi video ini berbasis situs web, sehingga Anda hanya perlu mengunjungi situs Media.io tanpa harus mengunduhnya. Media.io adalah sebuah layanan kompresi video online gratis yang memungkinkan Anda mengurangi ukuran video tanpa perlu khawatir kualitasnya berkurang. 

Situs kompresi video ini mendukung berbagai format video seperti MP4, AVI, MOV, dan format lainnya. Berikut ini langkah-langkah mengkompres video melalui Media.io: 

  1. Silakan mendaftar sebagai member terlebih dahulu di Media.io untuk bisa menggunakan semua fiturnya. Anda bisa mendaftar memakai akun Gmail, Apple ID, Facebook, dan Twitter. 
  2. Selanjutnya, buka ‘Alat Compress Video Media.io’ di homepage. Kemudian pilih menu Tools > Compressor > Video Compressor.
  3. Pilih menu ‘Choose Files’, kemudian pilih file video yang ingin Anda kompres dan ‘Open
  4. Setelah video masuk di lama pengkompresan, Anda bisa mengatur resolusi atau kualitas hasil video dengan metode ‘By Automatic, File Size dan Bitrate’. Anda juga bisa langsung memilih opsi ‘Automatic’ supaya lebih mudah. 
  5. Setelah itu Anda tinggal klik ‘Download’ dan menunggu hasil kompresi videonya.

Movie Maker

Aplikasi ini cocok bagi Anda yang masih pemula dalam keperluan pengeditan video. Selain mengurangi ukuran video, terdapat berbagai opsi tambahan yang dapat digunakan seperti pemotongan video, penambahan musik ekstra, dan pemberian efek sesuai preferensi Anda.

Berikut ini langkah-langkah mengkompres video melalui Movie Maker:

  1. Silakan buka aplikasi Movie Maker.
  2. Selanjutnya pilih ‘Add Video’, lalu pilih video yang ingin Anda kompres.
  3. Kemudian pilih menu ‘File’, lalu klik ‘Save Movie’. Jangan lupa beri nama untuk video baru Anda dan klik ‘Simpan Video’.
  4. Anda tinggal menunggu sampai proses penyimpanan selesai dan ukuran video akan berkurang otomatis tanpa mengurangi kualitasnya. 

WorkinToll File Compressor

WorkinTool adalah alat kompres yang dapat digunakan untuk mengompres berbagai jenis file, termasuk gambar, dokumen Word, presentasi PowerPoint, PDF, dan video. Anda dapat mengurangi ukuran gambar dengan hanya beberapa klik, dengan cara sangat sederhana dan cepat.

Ikut langkah-langkah berikut ini untuk mengkompres video menggunakan WorkingTool:

  1. Silakan unduh dan instal WorkinTool terlebih dahulu.
  2. Buka aplikasi WorkingTool dan pilih menu ‘Video Comp’, kemudian pilih ‘Add File’.
  3. Apabila sudah ke menu ‘General Settings’, pada bagian bawah terdapat dua pilihan yaitu ‘Smaller Size atau Clearer Output’. Untuk ukuran yang lebih kecil, silakan pilih ‘Smaller Size’, kemudian klik ‘Compress’.
  4. Anda tinggal menunggu sampai proses pengkompresan selesai. 

Demikianlah beberapa cara kompres video tanpa mengurangi kualitasnya. Dengan memanfaatkan beberapa situs atau aplikasi di atas, Anda bisa memproduksi banyak video tanpa khawatir ruang penyimpanan bakal penuh. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu terbaru menghadirkan dan terupdate nasional maupun internasional.