Apa Itu Face Recognition Boarding Milik KAI? Ini Pengertian hingga Cara Daftarnya
Face Recognition Boarding Milik KAI (FOTO DOK Humas PT KAI DAOP 1 JAKARTA)

Bagikan:

YOGYAKARTA –  PT Kereta Api Indonesia (Persero) memiliki fasilitas baru penunjang layanan transportasi perkeretaapian untuk masyarakat berupa Face Recognition Boarding Gate. Lalu, apa itu Face Recognition Boarding sebenarnya?

Apa Itu Face Recognition Boarding

Dikutip dari situs resmi PT KAI, Face Recognition Boarding Gate adalah fasilitas layanan boarding yang diterapkan oleh PT KAI yang memiliki kamera guna mengidentifikasi serta memvalidasi identitas calon penumpang lewat wajah, yang terhubung dengan data hingga tiket serta status vaksinasi calon penumpang.

Dengan adanya Face Recognition Boarding Gate, calon penumpang tidak perlu lagi menunjukkan kartu identitas hingga tak perlu lagi cetak boarding pass, cukup menuju mesin pemindai lalu mengarahkan wajah ke arah kamera. Jika wajah sesuai dengan data dan tiket pembelian, maka pintu akan otomatis terbuka.

Cara Daftar Face Recognition Boarding KAI

Perlu diketahui, agar pengguna kereta api KAI bisa memanfaatkan fasilitas Face Recognition Boarding, diharuskan untuk melakukan pendaftaran sebanyak satu kali.

Bagi Anda yang berencana mendaftar Face Recognition Boarding KAI, ada dua cara yang bisa dilakukan yakni sebagai berikut.

  1. Konter Pendaftaran

Masyarakat bisa mendatangi konter pendaftaran yang ada di stasiun atau Check In Counter (CIC). Cukup membawa kartu identitas yang berupa e-KTP. Nanti petugas akan melakukan pendataan identitas pendaftar. Selain itu juga akan dilakukan scaning sidik jari dan melakukan beberapa prosedur lain.

Proses pendaftaran tidak bisa diwakili oleh siapapun. Selain itu calon pendaftar yang tidak memiliki e-KTP seperti anak-anak atau e-KTP yang rusak tetap bisa melakukan pendaftaran dengan dibantu oleh petugas.

Proses pendaftaran hanya dilakukan sekali, sehingga saat penumpang ingin menggunakan Face Recognition Boarding di perjalanan lain tidak perlu melakukan registrasi ulang, penumpang bisa langsung ke Face Recognition Boarding gate yang tersedia di beberapa stasiun seperti Stasiun Bandung, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Malang, dan Stasiun Solo Balapan.

  1. Vending Machine

Masyarakat juga bisa mendaftar Face Recognition Boarding di vending machine secara langsung. Mesin tersebut tersedia di stasiun dengan langkah berikut ini.

  • Datangi vending machine
  • Pilih menu registrasi penumpang
  • Klik “Registrasi”
  • Tempatkan e-KTP di reader.
  • Mesin akan melakukan proses pembacaan dan perekaman
  • Setelah itu tempelkan jari telunjuk kanan di pemindai eKTP reader dan tunggu beberapa saat
  • Setelah proses pembacaan selesai, maka data berhasil direkam.

Jika proses registrasi berhasil, maka penumpang bisa langsung memanfaatkan fasilitas boarding gate khusus face recognition yang ada di stasiun. Lepaskan masker dan kacamata saat mengarahkan wajah ke kamera agar sistem mudah membaca wajah.

Proses pembacaan wajah juga hanya membutuhkan waktu selama 1 detik sehingga tidak terjadi tumpukan antrian, baik di mesin Face Recognition Boarding maupun antrean proses boarding.

Terkait keamanan data, masyarakat tak perlu khawatir karena KAI punya manajemen keamanan informasi. Peningkatan keamanan dilakukan secara rutin dan dilakukan oleh perusahaan.

Itulah informasi terkait apa itu face recognition boarding. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.