ATV Unik dengan 18 Roda yang Ramah Lingkungan Mampu Melewati Beragam Medan
ATV unik dari 18 Wheels, tidak merusak tanah, aman bagi alam (foto: ,18wheels.fi)

Bagikan:

JAKARTA - Kendaraan ATV (All-Terrain Vehicle) yang telah digambarkan sebagai 'alis terbang', lipan, dan jet ski listrik memang memiliki bentuk yang unik dan menarik untuk ditonton. Prototipe ramah lingkungan ini berfungsi sebagai kendaraan segala medan dan perahu air yang dapat melintasi batu, pasir, lumpur, bahkan air.

Lebih luar biasa lagi adalah kendaraan ini dilengkapi dengan sistem suspensi inovatif di mana masing-masing dari 18 roda memiliki motor listrik sendiri, sehingga memungkinkan pergerakan yang dapat diatur.

Hal ini memungkinkan roda-roda tersebut berfungsi seperti bulu sikat gigi karena dapat beradaptasi dengan berbagai medan, termasuk mengatasi rintangan dengan ketinggian lebih dari 20 cm tanpa kehilangan kecepatan.

Perusahaan asal Finlandia, 18 Wheels, pertama kali mengungkapkan prototipe ini tahun lalu, tetapi akan merilis versi yang diperbarui pada bulan Oktober.

"ATV kami tidak merusak tanah, aman bagi alam, dan memiliki performa dinamis dan kemampuan lintas alam yang jauh lebih baik dari ATV manapun," ujar perusahaan tersebut, dikutip MailOnline.

Dalam video yang menampilkan model pertama, ATV listrik ini terlihat mampu melintasi batu-batu tajam, mengatasi batang pohon, dan berkendara melalui air dangkal dengan sedikit kesulitan.

"Kendaraan segala medan kami mampu mengatasi rintangan besar dengan kecepatan tinggi," kata penemu dan pendiri 18 Wheels, Eldar Aliev.

'Maksud saya, batu-batu dengan ketinggian hingga 35 sentimeter, pohon-pohon tumbang, trotoar, bahkan tangga. Kendaraan segala medan kami dapat melintasi tangga. Berani saya katakan tidak ada kendaraan lain di planet ini yang dapat melakukannya," kata Aliev.

"Kendaraan segala medan kami memberikan tekanan yang sangat rendah pada tanah, sehingga tidak merusak tanah, rumput, dan taman," tambah Aliev.

Aliev mengatakan bahwa perusahaannya kini sedang mencari investasi lebih lanjut menjelang peluncuran prototipe pre-produksi kedua mereka tahun ini.

Di situs webnya, 18 Wheels juga menyatakan bahwa mereka berencana untuk mengadakan uji coba prototipe bagi siapa pun yang ingin mencobany