Realme 7, Ponsel Kelas Menengah Harga Ramah Di Kantong
Realme 7 (GSM Arena)

Bagikan:

JAKARTA - Realme bukanlah nama baru di pasar smartphone Indonesia. Sebagai sub-brand dari Oppo, merek gadget ini menghadirkan gawai mumpuni dengan harga yang ramah di kantong. 

Di tahun 2020 kemarin, Realme memang benar-benar giat dalam meluncurkan berbagai seri smartphone terbarunya. Salah satunya yaitu Realme 7, dijual dengan harga Rp. 3 jutaan, ponsel ini punya spesifikasi unggulan yang mumpuni. 

Buat kalian yang berminat untuk meminang smartphone Realme 7, ada baiknya simak dulu ulasan dari spesifikasi dari VOI berikut:

Spesifikasi

Realme 7 mengusung tampilan body yang langsing, namun cukup tebal. Memiliki dimensi 162,3 x 75,4 x 9,4 mm dan berat 196,5 gram, Realme 7 masih nyaman digenggam bahkan dengan satu tangan.

Pada sisi kanan terdapat tombol power yang digabungkan dengan sensor sidik jari. Sedangkan di sisi kiri ada tombol volume up dan down serta sim tray yang terdiri tiga slot.

Realme 7 juga mengusung panel layar IPS LCD berukuran 6.5 inch beresolusi 1080 x 2400 pixel dengan desain punch hole sebagai rumah kamera depannya. Panel layar juga sudah mendukung refresh rate 90 Hz dan dilapisi Corning Gorilla Glass 3. 

Urusan dapur pacu, Realme 7 dibekali chipset Mediatek Helio G95 memiliki clock speed CPU hingga 2.05GHz yang dipadupadankan dengan dua inti ARM Cortex A-76 dan enam inti ARM Cortex A-55. Realme 7 dikombinasikan GPU Mali-G76 MC4 dengan kecepatan 900Mhz. 

Realme 7 turut dibekali dua variasi RAM 6/8GB dan penyimpanan ROM 64/128GB. Bila kurang masih tersedia slot tambahan untuk microSD yang mendukung hingga 256GB. 

Untuk mendukung performa yang tinggi, Realme 7 juga dibekali baterai jumbo berkapasitas 5000 mAh. Baterai tersebut juga didukungan fitur Fast Charging berdaya 30W.

Realme 7 punya konfigurasi modul quad-camera di belakang dengan kamera utama beresolusi 64 MP menggunakan sensor Sony IMX682 yang diperkuat dengan dukungan lensa ultra wide 8 MP, lensa B&W 2MP dan makro 2 MP. Sementara untuk kamera selfie menggunakan lensa 16 MP bersensor Sony IMX 471.

detail Realme 7 (dok. Realme)

Kelebihan 

Walaupun terbilang merupakan seri smartphone mid-range, Realme 7 mengusung tipe chipset yang sangat bertenaga. Sehingga masih sangat ideal untuk aktivitas gaming ringan maupun berat sekalipun. 

Kecepatan pemrosesan data Realme 7 bahkan memperolehan skor benchmark AnTuTu, mencapai skor 292828. Hal tersebut memungkinkan Anda untuk bermain game seperti PUBG Mobile, Asphalt 9, maupun COD Mobile dengan lancar. 

Realme 7 juga sudah memiliki fitur kekinian yakni NFC atau Near Field Communication. Jadi urusan pembayaran atau pengisian saldo E-Money atau E-Wallet bisa dilakukan dengan mudah. 

Fitur lainnya, Realme 7 sudah menggunakan port USB tipe-C speaker stereo, mikrofon serta masih disediakannya jack audio 3,5mm. Realme 7 hadir dalam dua pilihan warna yakni Mist White dan yang kami review Mist Blue.

Kekurangan 

Salah satu kekurangan yang paling banyak dikeluhkan pengguna Realme 7 adalah banyaknya bloatware yang tersimpan di dalam ponsel. Bloatware sendiri merupakan aplikasi bawaan dari pabrik yang sudah terinstal, sejak Anda membeli perangkat gawai. 

Di sisi lain, Realme 7 punya ukuran gawai yang cukup tebal yang kurang cocok dengan ponsel kekinian lainnya. Lain halnya jika Anda tidak terlalu memusingkan ukuran dari gawai yang Anda gunakan. Maka, faktor body Realme 7 yang tebal tidak terlalu menjadi masalah.

Demikian ulasan tentang spesifikasi beserta dengan keunggulan dan kekurangan yang dimiliki Realme 7. Bisa dibilang perangkat smartphone ini masih cukup mampu bersaing hingga beberapa tahun ke depan. Namun kembali lagi keputusan untuk membeli ponsel satu ini ada di tangan Anda.