Ashraf Sinclair, Suami BCL yang Akrab Dikenal Sebagai Sosok <i>Angel Startup</i>
Suami BCL Ashraf Sinclair (instagram @ashrafsinclair)

Bagikan:

JAKARTA - Meninggalnya suami dari penyanyi Bunga Citra Lestari atau BCL, Ashraf Sinclair membuat ramai jagat media sosial. Tak hanya piawai berperan, Ashraf juga pandai dalam urusan bisnis di bidang teknologi.

Semasa hidupnya, Ashraf dikenal sebagai aktor dan pebisnis. Bahkan sejak 2017 lalu, Ashraf bergabung dalam salah satu perusahaan pemodal untuk 500 perusahaan rintisan (startup) di kawasan Asia Tenggara. 

Melansir Crunchbase, pria kelahiran London, Inggris itu dikenal aktif di dunia investasi bidang teknologi. Bahkan suami BCL itu pernah dianggap sebagai sosok penyelamat ratusan perusahaan startup di Indonesia.

Angel startup, begitulah julukan yang disematkan para pengusaha rintisan kepada Ashraf. Sebab dirinya tak segan memberikan investasi dan modal usaha pada sebuah perusahaan startup, menggunakan uang pribadinya. 

Total pendanaan yang diberikan pun tak kecil jumlahnya, mencapai 50 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau Rp 666 miliar (dengan kurs Rp13.300). Dana tersebut dikucurkannya untuk membantu startup mengembangkan diri.

Tak sedikit perusahaan-perusahaan rintisan yang pernah dibantu oleh Ashraf, beberapa di antaranya seperti BukaLapak, Kredivo, Hijub, Brodo dan Kudo. Tak sampai di situ, pria yang lahir pada 18 September 1979 itu juga menjadi investor di perusahaan kosmetik asal Korea Selatan Althea dan Iflix, sebuah layanan video on demand.

Meninggalnya Ashraf, tentu membawa duka bagi pegiat bisnis starup Indonesia. Hal itu pula yang dikenang Khailee Ng, selaku Managing Partner 500 Startups dalam akun Instagramnya, ia mengaku berduka cita dengan meninggalnya Ashraf yang sudah dianggap sebagai teman sekaligus kolega dalam portofolio investasinya itu. 

"(Ashraf) bekerja keras untuk memberi dorongan ekstra para pendiri startup. Ia memiliki bakat intuisi dan selalu terhubung dengan orang-orang dari hati ke hati, mengangkat mereka," kata Khailee di akun Instagramnya @khaileeng.

Ucapan bela sungkawa banyak disampaikan oleh warganet Indonesia hingga negara tetangga Malaysia. Begitupun dengan kisah cinta mereka berdua yang begitu fenomenal atau disebut sebagai Relationship Goals.

Dari pantauan VOI, terlihat kabar duka Ashraf Sinclair ini menjajaki trending topic Twitter dengan sebanyak lebih dari 248 ribu tweet, disusul #bungacitralestari yang mendapatkan 10,3 ribu tweet.

Banyak dari warganet yang menyayangkan kepergian aktor asal Malaysia itu, pasalnya pasangan suami istri BCL dan Ashraf ini selalu terlihat romantis di media sosial. Keduanya kerap mengunggah aktivitas berlibur keliling Indonesia maupun dunia dengan sang anak, Noah.

Warganet yang mengikuti perjalanan kisah cinta mereka juga terlihat memposting rasa kehilangannya lewat sebuah foto.

"Ashraf Sinclair and Bunga Citra Lestari is my relationship goals. Too many news of untimely death this year and it's only February. A reminder that we never know how much time we still have left in this world. Appreciate everyone and everything we still have today," tulis @christykbye.

Begitupun warganet dengan akun @AliasPuteri, "Ashraf Sinclair and Bunga Citra Lestari are my relationship goals. That's very a sad news for me to hear if Ashraf Sinclair was passed away. Rest In Peace Mr. Sinclair."

Diberitakan sebelumnya, suami dari BCL itu menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit MMC Kuningan, Jakarta Selatan. Aktor yang tampil dalam program televisi Eddy in Goil & Gincu juga Gol & Gincu The Series itu meninggal karena serangan jantung.