JAKARTA - Ketika Ted Sarandos, Co-CEO Netflix, mengunjungi Korea Selatan pekan ini, ia akan menemukan industri hiburan yang telah mencapai ketenaran global melalui hits seperti "Squid Game" dan "The Glory", namun juga meningkatnya kekhawatiran tentang dampaknya pada pasar lokal.
Korea Selatan telah menciptakan beberapa acara terbesar Netflix, yang telah menjadi sinonim dengan kesuksesan ekspor budaya negara yang lebih luas dan mendorong perusahaan asal California ini untuk menginvestasikan 2,5 miliar dolar AS (Rp37,6 triliun) dalam konten lokal.
Sarandos diperkirakan tiba di Seoul pada Selasa, 20 Juni menurut sumber-sumber industri, dan akan bertemu dengan Perdana Menteri Han Duck-soo pada Kamis, 22 Juni, kunjungan pertamanya sebagai Co-CEO.
Namun, meskipun acara-acara Korea sangat populer di Netflix, dengan 60% pengguna global menonton setidaknya satu judul tahun lalu, desakan untuk pemerintah untuk mendukung proyek yang didanai secara lokal dan mengamankan hak konten semakin meningkat.
Pemerintah minggu lalu mengumumkan rencana untuk menyediakan 500 miliar won (Rp5,8 triliun) untuk membantu platform streaming lokal bersaing dengan pesaing global seperti Netflix di tengah biaya produksi yang melonjak.
"Industri media dan konten akan berkembang dengan baik ketika berbagai platform bersaing daripada dikuasai oleh hanya beberapa, yang akan menguntungkan baik para pencipta maupun konsumen," kata Heo Seung, direktur urusan publik di platform streaming Korea Selatan, Watcha.
Korea Selatan mengekspor konten senilai 13 miliar dolar AS pada tahun 2022, termasuk video game, musik, dan penyiaran, menurut Institut Riset Ekonomi Korea, melampaui pengiriman mobil listrik dan baterai isi ulang.
"Netflix Effect," istilah yang diciptakan untuk fenomena yang meluncurkan aktor dan sutradara dari ketidakterkenalan menjadi bintang instan ketika acara mereka muncul di platform tersebut, adalah bagian dari kesuksesan Korea Selatan.
Dalam konteks ini, Presiden Yoon Suk Yeol menyambut investasi 2,5 miliar dolar AS Netflix sebagai "kesempatan besar" baik bagi Korea Selatan maupun raksasa streaming Amerika Serikat tersebut.
Bobot pasar Netflix di Korea Selatan jauh melebihi platform lokal seperti Tving, Wavve, dan Watcha.
Pada tahun 2022, perusahaan Amerika tersebut melaporkan laba operasional sebesar 14,28 miliar won di Korea Selatan, berbanding kontras dengan kerugian operasional Tving sebesar 12 miliar won.
Netflix memiliki pangsa pasar sebesar 38,2% di Korea Selatan tahun lalu, menurut Mobile Index, mengungguli pangsa pasar Tving yang sebesar 13,1%.
Berbeda dengan Uni Eropa, Korea Selatan tidak memiliki undang-undang yang mengharuskan layanan streaming asing untuk memproduksi atau berinvestasi dalam konten lokal. Hal ini mendorong beberapa politisi Korea Selatan untuk menyerukan agar Netflix memberikan imbalan yang lebih adil kepada para pencipta ketika proyek mereka berhasil.
Netflix mengatakan bahwa mereka bertujuan untuk mengkompensasi pencipta lokal secara adil pada tahap produksi awal, terlepas dari seberapa baik pertunjukan mereka tampil.
"Kompensasi adalah bagian penting dari itu, tetapi demikian pula ekspresi kreatif yang didukung oleh tim lokal kami, bersama dengan jangkauan penonton global dari layanan kami," kata juru bicara Netflix dalam pernyataan tertulis via email.
BACA JUGA:
Para pencipta yang telah bekerja dengan Netflix mengatakan bahwa perusahaan ini memberi mereka kesempatan ketika yang lain tidak melakukannya. Pencipta "Squid Game," Hwang Dong-hyuk, mengatakan dalam berbagai wawancara pada tahun 2021 bahwa serial tersebut ditolak berkali-kali sebelum diangkat oleh Netflix.
Aditya Thayi, seorang pembuat film berbasis di London yang menyutradarai film dokumenter Netflix mendatang yang berjudul "King of Clones," mengatakan kepada Reuters bahwa Netflix mengubah permainan dengan "membuat lapangan bermain sama rata bagi pembuat film Asia."
Meskipun proyek tersebut dipesan oleh Netflix UK, film tersebut berpusat pada penipuan kloning genetik di Korea Selatan dan mencakup klip-klip file dari arsip penyiar. Hanya menggunakan klip-klip tersebut saja membutuhkan biaya sebesar $40.000, membuatnya sangat mahal bagi produser independen tanpa pendanaan.
Lim Jong-soo, seorang profesor di Universitas Sejong, mengatakan bahwa Netflix telah memberikan produser Korea Selatan lebih banyak peluang, tetapi pemerintah bisa melakukan lebih banyak untuk membantu, seperti dengan mengamankan hak kekayaan intelektual bagi para pencipta.
"Pemerintah perlu menciptakan sistem yang memastikan bahwa keuntungan berlebih dapat dikembalikan kepada pencipta Korea Selatan."