Tips Menghindari Serangan APT CommonMagic yang Kini Memperluas Targetnya
Ilustrasi malware (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Peneliti Kaspersky menemukan kampanye APT CommonMagic memperluas targetnya, dari yang sebelumnya berlokasi di wilayah Donetsk, Luhansk, dan Krimea, kini telah diperluas ke individu, entitas diplomatik, dan organisasi penelitian di Ukraina Barat dan Tengah.

Riset Kaspersky mengidentifikasi setidaknya ada total 9 modul dalam kerangka kerja ini, masing-masing bertanggung jawab atas aktivitas berbahaya yang berbeda seperti mengumpulkan file, keylogging, menangkap tangkapan layar, merekam masukan mikrofon, dan mencuri kata sandi. 

Khususnya, Kaspersky mengungkapkan bahwa salah satu modul berfokus pada pengelupasan data dari akun Gmail. Dengan mengekstrak cookie Gmail dari database browser, modul ini dapat mengakses dan menyelundupkan log aktivitas, daftar kontak, dan semua pesan email yang terkait dengan akun yang ditargetkan.

Untuk menghindari menjadi korban serangan yang ditargetkan oleh aktor ancaman yang dikenal atau tidak dikenal, peneliti Kaspersky merekomendasikan untuk menerapkan langkah-langkah berikut:

  • Beri tim SOC (security operation centre)Anda akses ke intelijen ancaman (TI) terbaru. Portal Intelijen Ancaman Kaspersky adalah satu titik akses untuk TI perusahaan, menyediakannya dengan data dan wawasan serangan siber yang dikumpulkan oleh Kaspersky selama lebih dari 20 tahun.
  • Tingkatkan tim keamanan siber Anda untuk mengatasi ancaman tertarget terbaru dengan pelatihan online Kaspersky yang dikembangkan oleh pakar GReAT
  • Untuk deteksi tingkat titik akhir, investigasi, dan remediasi insiden secara tepat waktu, terapkan solusi EDR seperti Kaspersky Endpoint Detection and Response
  • Selain mengadopsi perlindungan titik akhir yang esensial, terapkan solusi keamanan tingkat korporat yang mendeteksi ancaman tingkat lanjut pada tingkat jaringan pada tahap awal, seperti Kaspersky Anti Targeted Attack Platform
  • Karena banyak serangan bertarget dimulai dengan phishing atau teknik rekayasa sosial lainnya, perkenalkan pelatihan kesadaran keamanan dan ajarkan keterampilan praktis kepada tim Anda – misalnya, melalui Kaspersky Automated Security Awareness Platform.