Geng Ransomware Ganas Targetkan Pengguna Mac, Apple Harus Waspada!
Lockbit diklaim mulai menargetkan komputer Mac milik Apple. (foto: dok. apple)

Bagikan:

JAKARTA - Untuk pertama kalinya geng ransomware terbesar dan paling ganas, Lockbit diklaim mulai menargetkan komputer Mac milik Apple.

Sekelompok peneliti yang dijuluki MalwareHunterTeam menemukan bukti arsip ZIP di VirusTotal berisi sebagian besar enkripsi LockBit yang tersedia untuk menyasar pengguna macOS.

Melihat latarbelakang Lockbit, mereka kerap menargetkan sistem operasi milik Microsoft, Windows, Linux, dan VMware ESXi. Sebab, sistem operasi tersebut banyak digunakan oleh bisnis yang menjadi target mitra grup.

Geng Lockbit menjalankan apa yang dikenal sebagai operasi ransomware-as-a-service, di mana mereka tidak secara langsung melibatkan diri dalam pengambilan uang tebusan dari bisnis.

Lockbit membangun dan mempertahankan afiliasi malware yang dapat membayar untuk digunakan melawan organisasi atau perusahaan.

Namun, seperti yang ditemukan peneliti MalwareHunterTeam, arsip ini (VirusTotal) juga berisi enkripsi yang sebelumnya tidak dikenal untuk CPU macOS, ARM, FreeBSD, MIPS, dan SPARC.

Enkripsi tersebut juga termasuk yang bernama locker_Apple_M1_64 (VirusTotal), menargetkan Mac terbaru yang berjalan di Apple Silicon. Arsip juga berisi loker untuk CPU PowerPC, digunakan Mac lama.

Kabar baiknya, enkripsi ini kemungkinan besar belum siap digunakan geng ransomware tersebut dalam serangan aktual terhadap perangkat macOS. Tidak menutup celah ke depannya akan dilakukan.

Meski begitu, semua pengguna komputer termasuk pemilik Mac, harus lebih sering memperbarui sistem operasi, menghindari membuka lampiran dan file yang dapat dijalankan yang tidak dikenal, membuat cadangan offline, dan menggunakan kata sandi yang kuat dan unik di setiap situs yang dikunjungi. Demikian dikutip dari BleepingComputer dan Engadget, Senin, 17 April.