Tips Memilih Donasi Online Terpercaya, Jangan Sembarangan Menyumbang Dana
Ilustrasi donasi online (Freepik/Rawpixels.com)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Saat ini bersedekah bisa dilakukan secara online cukup lewat smartphone, tanpa perlu mendatangi kantor lembaga donasi. Lembaga donasi pun semakin banyak bermunculan. Anda berbagai platform yang bisa Anda pilih untuk berbagai kepada sesama. Namun Anda harus selektif dan berhati-hati dalam memilih platform donasi. Ada sejumlah tips memilih donasi online terpercaya. 

Hadirnya layanan donasi online ini memfasilitasi bagi orang-orang yang ingin berbagi kebaikan, namun seringkali terhalang kesibukan atau tidak punya waktu. Dengan adanya platform donasi online, kini Anda bisa menyumbang donasi dari mana saja dan kapan saja cukup lewat smartphone.

Berkat kemudahan ini, kini semakin banyak orang yang berlomba-lomba untuk berdonasi demi membantu orang lain yang membutuhkan. Namun seringkali ada oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang memakai modus lembaga donasi dan mengambil sumbangan demi keuntungan sendiri. Untuk menghindari modus kejahatan ini, ada sejumlah tips memilih donasi online terpercaya yang bisa Anda terapkan. 

Tips Memilih Donasi Online Terpercaya

Saking banyaknya platform donasi online, biasanya Anda bisa ingin menggunakan yang mana. Pastikan Anda memilih platform donasi yang aman dan terpercaya. Berikut tips memilih donasi online terpercaya agar terhindar dari penipuan

Memilih Platform Donasi yang Legal secara Hukum

Langkah pertama yang harus Anda lakukan saat akan berdonasi adalah memilih platform atau aolikasi donasi yang legal. Cek terlebih dahulu legalitas dan status hukum dari lembaga donasi yang akan Anda gunakan. Jika telah legal secara hukum, maka lembaga donasi yang Anda pilih terjamin aman dan terpercaya. 

Aktivitas pengumpulan donasi telah diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 8 Tahun 1961 tentang Pengumpulan Uang atau Barang. Selain itu, aturan pengumpulan donasi juga termuat dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 29 Tahun 1980 tentang Pelaksanaan Pengumpulan Sumbangan. 

Melihat Rekam Jejaknya

Saat memilih lembaga donasi, pastikan Anda melihat rekam jejaknya terlebih dahulu. Lihat apakah rekam jejaknya positif atau negatif. Anda bisa melakukan riset mengenai lembaga tersebut melalui media sosial, seperti Instagram, Facebook, dan sebagainya. 

Saat ini semua lembaga donasi profesional telah aktif di dunia digital melalui media sosial dan website. Apabila tidak ditemukan berita negatif tentang lembaga tersebut, maka bisa dipastikan aman. 

Memilih Platform Donasi yang Transparan

Sebaiknya Anda memilih platform donasi yang transparan untuk menghindari penipuan. Transparansi menunjukkan profesional dari lembaga donasi dan untuk menunjukkan kepercayaan kepada calon donatur. Dengan transparansi, Anda bisa memastikan apakah dana yang Anda sumbangkan benar-benar disalurkan atau tidak. 

Lembaga donasi yang transparan biasanya akan mempublikasikan laporan tahunan terkait donasi yang berhasil dihimpun dan disalurkan. Termasuk juga memperlihatkan rincian penggunaannya dan siapa penerimanya. Laporan ini akan disampaikan di media sosial atau website dari lembaga donasi tersebut. 

Aksesnya Mudah

Jangan lupa untuk memilih platform donasi yang mudah diakses.Ketika sistem operasi dari layanan donasi online semakin mudah, maka calon donatur pun akan semakin mudah juga memahaminya. 

Dengan memilih platform yang mudah diakses, Anda tidak akan kebingungan saat berdonasi. Kemudahan ini juga menjadi salah satu daya tarik banyak orang ingin menyumbang donasi. 

Pilih Platform yang Berpengalaman

Tips lain yang perlu Anda lakukan adalah memilih platform berpengalaman. Anda perlu melihat seperti apa kinerja dan pengalaman lembaga donasi tersebut. Misalnya sejak kapan lembaga tersebut didirikan, apa saja program yang telah dilakukan, dan bagaimana testimoni dari donatur. Apabila pengalamannya cukup bagus, maka dipastikan lembaga tersebut aman dan terpercaya. 

Demikianlah beberapa tips memilih donasi online terpercaya agar terhindar dari penipuan. Semakin banyak adanya lembaga donasi online, maka semakin besar juga peluang Anda untuk menebar kebaikan. Namun pastikan Anda selalu selektif dan cermat memilih donasi online yang aman dan terpercaya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.