SushiSwap Tutup Layanan Kashi dan MISO Launchpad, Mau Rombak Besar-besaran?
SushiSwap hapus dua layanannya. (Foto; Dok. Goctienao)

Bagikan:

JAKARTA – Platform pertukaran terdesentralisasi dan Automated Market Maker (AMM) yang dikembangkan di jaringan Ethereum, SushiSwap, baru-baru ini mengumumkan rencananya untuk menutup dua produknya, Kashi Lending dan MISO Launchpad.

Sebagai informasi, Kashi Lending adalah platform peminjaman kripto terdesentralisasi, sedangkan MISO adalah platform untuk proyek keuangan terdesentralisasi (DeFi) yang masih baru.

Tindakan tersebut merupakan bagian dari perombakan besar-besaran SushiSwap dalam rangka rencana untuk mendesain ulang tokenomik protokol. Pengembang juga berencana untuk tidak membebankan biaya kepada pemegang token.

“Kami membuat keputusan untuk tidak menggunakan Kashi (Sushi Lending) dan Miso (Sushi Launch Pad). 1. Kashi karena sejumlah alasan, memiliki sejumlah kekurangan desain, mengalami kerugian, dan kurangnya sumber daya untuk didedikasikan untuk itu. 2. MISO, memiliki kekurangan sumber daya,” tulis CTO SushiSwap Matthew Lilley di akun Twitter-nya (@MatthewLilley), 28 Desember 2022.

Meski demikian, CTO SushiSwap tersebut menyoroti penyebab ditinggalkannya kedua proyek tersebut antara lain karena kurangnya sumber daya dan desain yang buruk. Baik Kashi dan MISO diklaim telah gagal sebagai produk SushiSwap. Keduanya tidak dapat menghasilkan permintaan signifikan. Selain itu, kedua layanan tersebut dinilai sebagai upaya yang tidak memberikan keuntungan.

Setelah keputusan untuk menghentikan layanan Kashi dan MISO, pengembang akan fokus pada pengembangan produk unggulan mereka, yaitu pertukaran kripto terdesentralisasi atau DEX.

Ke depannya, SushiSwap akan meluncurkan generasi penerus DEX-nya. Tahun 2023 ini akan menjadi momentum pengembang untuk meningkatkan efisiensi DEX bagi penyedia likuiditas melalui apa yang disebut sebagai mekanisme “concentrated liquidity”.

Peningkatan akan diterapkan mulai kuartal pertama tahun ini. Tidak berhenti sampai di situ, SushiSwap juga berencana meluncurkan pool anyar untuk berbagai aset kripto yang menawarkan harga eksekusi yang lebih baik. Sekilas, pool multi-aset ini memiliki model yang mirip dengan pool Balancer.

Saat penulisan, token asli SushiSwap, SUSHI, diperdagangkan di harga Rp15.775 per token. Performa harga SUSHI mengalami peningkatan sebesar 3 persen dalam 24 jam terakhir berdasarkan data Coingecko.