Analisa BMKG Terkait Birunya Langit Jakarta Hari ini
Pemandangan birunya langit Jakarta (Tarida Angelina/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Masyarakat di Jakarta terpukau dengan pemandangan langit biru yang menghiasi kota sepanjang hari. Bahkan saking birunya langit Jakarta, jadi trending topic di Twitter.

Tak sedikit warganet yang mengunggah foto cuaca langit Jakarta yang begitu berbeda dari biasanya. Langit terlihat begitu cerah berwarna biru dengan sedikit tutupan awan putih di sekitarnya yang memanjakan mata.

Informasi cerahnya langit Jakarta itu juga sudah dikonfirmasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Menurut Kabid Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, Hary Djatmiko, kondisi langit Jakarta hari ini terjadi karena peralihan musim kemarau menuju penghujan.

"Fenomena cuaca cerah dengan penampakan Langit berwarna biru merupakan fenomena alamiah yang bisa di segala musim. Hal ini ditandai dengan angin yang berhembus cukup kencang dan kelembaban udara cukup kering dibandingkan dengan beberapa hari sebelumnya," kata Hary kepada VOI, Selasa, 1 Desember.

Dijelaskannya kondisi cuaca di wilayah Jakarta saat ini, terpantau dengan suhu rata-rata 23 hingga 31 derajat Celsius dan kelembaban 75 hingga 95 persen. Kondisi inilah yang menghambat proses pembentukan dan pertumbuhan awan-awan hujan.

Selain itu, kata Hary pada saat ini posisi pergerakan semu matahari berada di sebelah Selatan Ekuator hingga 23.5LS. Artinya sinar matahari yang dipancarkan dan diterima oleh bumi, khususnya wilayah Indonesia yang berada di sebelah Selatan khatulistiwa menjadi sangat optimal. 

"Kondisi tersebut membawa berbagai macam jenis gelombang panjang, salah satunya cahaya tampak (warna mejikuhibiniu) yang masuk ke Bumi dan dihalau serta difilter partikel-partikel yang ada di atmosfer didominasi warna biru, nila dan ungu. Hal itulah yang menyebabkan langit jakarta yang tampak dan terlihat oleh mata kita berwarna biru," paparnya.

Citra satelit BMKG di wilayah Jakarta (dok. BMKG)

Hal senada juga disampaikan Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin, yang mengatakan fenomena birunya langit Jakarta hari ini sebagai dinamika cuaca biasa. Di mana kondisi langit cerah ini tidak akan terjadi dalam waktu lama. 

"Cerah karena kebetulan tidak ada awan. Tetapi bisa jadi di wilayah sebelahnya ada awan. Saat ini masih akhir pancaroba, peralihan kemarau menuju musim hujan. Pembentukan awan belum terlalu banyak, jadi kadang cerah," kata Thomas.