Tata Jajaki Pembuatan Produk Apple dengan Wistron Corp di India
Tata Group jajaki pembuatan Apple di India. (foto: twitter @TataCompanies)

Bagikan:

JAKARTA – Konglomerasi asal India, Tata Group, kini tengah aktif dalam pembicaraan dengan pemasok asal Taiwan, Wistron Corp,  untuk mendirikan usaha patungan guna merakit iPhone dari Apple  di India. Kabar itu pertama kali dilaporkan oleh Bloomberg News pada Jumat, 9 September.

Usaha itu akan menjadi dorongan terbaru kelompok slat-to-software India ke dalam manufaktur teknologi karena memanfaatkan keahlian Wistron dalam pengembangan produk, rantai pasokan dan perakitan.

Apple yang berkantor pusat di Cupertino, California telah melakukan investasi besar besar di India sejak memulai perakitan iPhone di negara itu pada 2017 melalui Wistron dan kemudian dengan Foxconn. Ini sejalan dengan dukungan pemerintah India untuk meningkatkan manufaktur lokal.

Namun menurut laporan Bloomberg, tidak diketahui secara pasti apakah Apple juga mengetahui pembicaraan tersebut.

Rencana tersebut dapat mengakibatkan grup Tata membeli ekuitas dalam operasi Wistron di India atau kedua perusahaan membangun pabrik perakitan baru, atau mengeksekusi kedua langkah tersebut.

Jika pembicaraan itu terwujud, maka Tata akan memiliki kemampuan untuk membuat produk Apple seperti iPhone di dalam negeri. Ini bisa saja meningkatkan penjualan Apple di negara berpenduduk terbanyak kedua dunia itu.