Cara Melihat dan Mengunduh Ulang Aplikasi yang Sudah Terhapus dari Ponsel Android Anda
Cara melihat aplikasi yang pernah terinstal di Android (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Ketika smartphone Android Anda sudah tidak memiliki cuku ruang untuk mendownload file atau aplikasi, kemungkinan Anda harus me-reset smartphone Anda untuk membuatnya kembali ke setelan pabrik agar bisa digunakan kembali. 

Namun, yang perlu Anda ketahui adalah jika Anda me-reset nya ke setelan pabrik, semua aplikasi dan file yang tersimpan dalam memori internal akan terhapus. Lalu, bagaimana jika Anda lupa aplikasi apa saja yang Anda butuhkan? 

Untungnya, melihat aplikasi apa saja yang pernah Anda unduh di smartphone adalah pekerjaan yang mudah. Untuk melakukan itu, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, pastikan akun Google yang Anda gunakan sama seperti sebelum di reset. 
  2. Buka aplikasi Google Play Store pada perangkat Android.
  3. Jika sudah masuk ke halaman utama Play Store, klik ikon foto profil di sebelah pojok kanan atas.
  4. Setelah itu, klik Manage apps & device atau Kelola aplikasi & perangkat.
  5. Berikutnya, ketuk tab Manage atau Kelola.
  6. Dari sini silakan pilih "Installed" atau "Diinstal" untuk melihat aplikasi yang sudah terinstal dan masih terpasang di perangkat Android Anda.
  7. Selain itu, klik tombol panah kecil di samping Installed dan pilih opsi "Uninstalled" atau "Tidak Diinstal" untuk melihat aplikasi-aplikasi yang pernah Amda pasang, namun sudah terhapus.
  8. Jika ingin melihat daftar gim, silakan tap opsi Gim.
  9. Jika Anda ingin menginstal aplikasi itu lagi, Anda hanya perlu men-centang kolom di sebelah aplikasi yang hendak diinstal > Klik tombol panah ke bawah di sebelah pojok kanan atas.
  10. Tunggulah sebentar hingga proses download selesai.