Menanti Samsung Galaxy Z Flip yang Sudah Lolos TKDN di Indonesia
Bocoran desain Samsung Galaxy Z Flip (LetsGoDigital)

Bagikan:

JAKARTA - Sekali pun Samsung belum resmi mengumumkan produk anyarnya ke publik. Ponsel layar lipat yang diberi nama Galaxy Z Flip ini telah lolos Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di Indonesia. 

Di lihat dari situs Kementerian Perindustrian (Kemenperin), ponsel ini berkode SM-F700F yang dinyatakan lolos sertifikasi TKDN, per tanggal 15 Januari lalu. Bila mengacu pada data perangkat yang sempat bocor, F700F bisa diyakini merupakan Samsung Galaxy Z Flip.

Layar tangkap TKDN Samsung Galaxy Z Flip (Doc: Kemenperin)

Galaxy Z Flip ini akan menjadi produk kedua Samsung yang berinovasi, menggunakan layar lipat. Model dan spesfikasi layar lipat berbentuk clamshell, yang digadang-gadang bakal menjadi pesaing buat Motorola Razr.

Meski bakal dijual dengan harga yang lebih murah dari Galaxy Fold. Samsung tidak pelit memberikan spesifikasi yang mumpuni untuk ponsel layar lipatnya. Dapur pacunya menggunakan Snapdragon 855 yang dibekali baterainya berdaya tampung 3.300 mAh.

Mengutip dari Braintologi, dimensi Galaxy Z Flip akan menggunakan panel layar AMOLED Dynamic berukuran 6,7 inci yang membuat smartphone ini masih nyaman untuk digenggam, dalam keadaan normal maupun saat layarnya dibentangkan. Tak perlu khawatir soal ketahanan layar lipatnya, sebab ponsel ini sudah dilapisi dengan ultra-thin glass.

Menyoal urusan kamera, Samsung Galaxy Z Flip, awalnya ponsel ini diyakini bakal memiliki sensor kamera resolusi super tinggi, namun ternyata speknya belum segahar itu. Smartphone ini hanya dibekalli kamera ganda dengan ukuran lensa utamanya sekitar 12MP.

Kabar baiknya, Samsung juga memberikan ponsel ini dengan fitur fast charging laiknya smartphone pada umumnya dan akan berjalan pada One UI 2.1 berbasiskan Android 10 dengan penyimpanan internal 256 GB.

Dari rumor yang beredar, Samsung akan memperkenalkan ponsel layar lipat andalannya ini bersamaan dengan Galaxy S20 pada 11 Februari di San Francisco, Amerika Serikat (AS).

Belum ada informasi resmi yang beredar terkait soal harga smartphone Galaxy Flip Z ini. Meski begitu, Samsung akan membandrol dengan harga yang cukup murah dalam pilihan warna Hitam dan Ungu.