Driver Gojek Jadi Iklan Berjalan Lewat Layanan GoScreen
Layanan iklan berjalan GoJek GoScreen (dok Gojek)

Bagikan:

JAKARTA - Demi membuat iklan lebih efektif, optimal dan tepat sasaran, Gojek meluncurkan GoScreen yakni sebuah media iklan luar ruang (Out of Home/OOH) melalui lengan bisnisnya, Promogo.

"GoScreen mengukur kinerja iklan berdasarkan lokasi dan waktu secara tepat sehingga memberikan pengiklan laporan yang lengkap. Tidak hanya dapat digunakan oleh brand besar, GoScreen juga dapat menjadi pilihan UMKM untuk memasarkan produknya. Di sisi lain, mitra driver roda dua yang berpartisipasi juga bisa memiliki pendapatan tambahan," ungkap Chief Commercial Officer Gojek, Antoine de Carbonnel dalam konferensi pers virtual, Senin 9 November.

Dihadiri pula oleh Direktur Promogo Kiranjeet Purba, VP Product Interactive Advertising Bureau Tech Lab (IAB Tech Lab) Shailley Singh, dan Manesheel Gautam, Digital Leader Mindshare.

Webinar Gojek (dok. Gojek)

Kiranjeet Purba mengatakan layanan ini memberikan brand solusi periklanan yang lebih terukur secara data, dengan harga kompetitif. Brand dapat mengoptimalkan iklan mereka secara real-time, serta memonitor performanya melalui online dashboard khusus yang transparan dan jelas.

Hal tersebut karena GoScreen dilengkapi kamera serta teknologi berbasis suar (beacon technology) untuk menghitung tingkat impresi iklan, sehingga brand bisa secara transparan memantau tingkat eksposur, jumlah kendaraan yang aktif maupun jarak tempuh yang dicapai oleh para mitra.

“Jangkauan moda transportasi roda dua Gojek yang memiliki mobilitas tinggi juga merupakan kunci dalam memberikan keuntungan lebih bagi brand untuk mendapatkan pengalaman beriklan digital yang hyper-lokal sehingga mereka dapat menargetkan lokasi spesifik hingga ke wilayah kecamatan melalui konten yang lebih atraktif menggunakan layar LED,” ujar Kiranjeet.

Di sisi lain, teknologi periklanan GoScreen ini juga telah mendapatkan sertifikasi Open Measurement SDK (OM SDK) dari lembaga internasional IAB Tech Lab (Interactive Advertising Bureau Tech Lab).

Sebelumnya, efektivitas GoScreen telah diuji coba oleh Publicis Media, selama dua bulan di Jabodetabek, “GoScreen merupakan platform dengan kemampuan iklan digital terprogram yang dapat mengukur iklan berdasarkan waktu serta lokasi, mengingat pengukuran (measurement) merupakan landasan bagi kami dalam menjalankan fase uji coba ini," kata General Manager Publicis Media, Saravanan Mudaliar.

"Hasilnya, lebih dari empat juta tayangan dengan 40 persen Share of Voice, menjangkau lebih dari 850.000 orang melalui 2.000 jam pemutaran iklan dengan waktu dan lokasi yang tepat sebagai kuncinya,” tambahnya.

Tidak hanya bermanfaat bagi pengiklan, GoScreen juga bisa memicu berbagai multiplier effect positif kepada pihak lain dalam ekosistem Gojek, termasuk pada mitra driver. Seluruh layanan Promogo telah memberikan manfaat juga bagi mitra driver Gojek untuk meningkatkan pendapatannya.