Hati-hati Trojan yang Menyamar di Aplikasi, Perhatikan Hal Berikut Agar Tetap Aman dan Terlindungi
Hal yang harus diperhatikan agar smartphone Anda tetap terlindungi (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Peneliti Kaspersky baru-baru telah mengamati scammer yang secara aktif menyebarkan Trojan dan secara diam-diam membuat pengguna berlangganan layanan berbayar dengan menyamar sebagai aplikasi seluler, termasuk gim populer, aplikasi perawatan kesehatan, dan masih banyak lagi.

Sebagian besar Trojan ini meminta akses ke pesan dan notifikasi pengguna, sehingga dengan mudah para scammers kemudian dapat mencegah pesan yang berisi kode konfirmasi.

Pengguna tidak secara sadar berlangganan layanan ini, tetapi justru menjadi korban para pelaku kejahatan siber. Misalnya, pengguna gagal membaca cetakan kecil dan sebelum mereka menyadarinya, mereka telah membayar untuk aplikasi horoskop. 

Para korban juga sering tidak menyadari bahwa langganan ini ada, sampai pada waktu tertentu akun ponsel mereka menunjukkan suatu kejanggalan. Agar tetap terlindungi, para ahli Kaspersky juga merekomendasikan:

  • Tetap waspada saat memasang aplikasi dari Google Play. Baca ulasan, mencari tahu ulasan pengembang aplikasi, persyaratan penggunaan, dan detail pembayaran. Untuk perpesanan, pilih aplikasi terkenal dengan ulasan positif.
  • Memeriksa izin aplikasi yang Anda gunakan dan pikirkan baik-baik sebelum memberikan izin tambahan.
  • Menggunakan solusi keamanan yang andal untuk membantu mendeteksi aplikasi dan adware berbahaya sebelum mencapai tujuannya.
  • Memperbarui sistem operasi Anda dan aplikasi penting apapun saat dan saat pembaruan tersedia. Banyak masalah keamanan dapat diselesaikan dengan menginstal versi perangkat lunak yang diperbarui.