8 Tips Meningkatkan Kualitas Bidikan dalam Gim Tembak-menembak
Tips perbaiki bidakan saat bermain gim FPS (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Sebagai seorang gamer pastilah mengerti bagaimana rasanya kehilangan headshot dalam permainan. Selain dari lamanya pengalaman Anda bermain gim, harus ada juga cara untuk meningkatkan bidikan Anda dalam permainan menembak.

Berikut adalah beberapa tips praktis yang akan membantu Anda langsung menjadi lebih baik dalam membidik di gim menembak orang seperti Valorant dan CS:GO.

Pahami Kelemahan Anda Terlebih Dahulu

Sebagian besar gamer sering menghabiskan waktu berjam-jam untuk melatih bidikan mereka bahkan tanpa menganalisis apa yang menyebabkan bidikan mereka tidak konsisten. 

Alih-alih mencari alasan mengapa tembakan Anda meleset, Anda seharusnya mulai berpikir mengapa Anda tidak bisa mengenai musuh. Banyak gim FPS memiliki kamera kematian yang menunjukkan replay duel, yang sangat membantu siapapun yang berencana untuk meningkatkan bidikan mereka.

Setelah mengetahui kekurangan Anda, Anda dapat berlatih menembak di aplikasi latihan bidik seperti Aim Lab selama beberapa menit setiap hari. Perlu diingat bahwa bermain gim dengan orang sungguhan jauh lebih baik daripada menghabiskan berjam-jam berlatih dengan bot di aplikasi pelatihan.

Tweak Sensitivitas Mouse Anda

Sensitivitas mouse juga berpengaruh Anda perlu mengutak-atik sensitivitas dalam gim Anda. Memiliki sensitivitas yang lebih tinggi akan memungkinkan Anda untuk membuat putaran cepat di lingkungan permainan sementara sensitivitas yang lebih rendah akan meningkatkan presisi dan akurasi saat Anda mengunci target. 

Anda harus mencoba menemukan sweet spot di tengah yang sensitivitasnya cukup tinggi sehingga Anda tidak perlu menyeret mouse tanpa henti untuk menembak musuh di belakang Anda dan cukup rendah untuk membidik kepala (atau tubuh) secara akurat.

Perbaiki Pemosisian Crosshair Anda Dalam Gim

Salah satu masalah paling umum adalah posisi crosshair (garis bidik) mereka yang tidak tepat. Sebagai seorang gamer yang serius, crosshair Anda harus setinggi kepala musuh setiap saat, untuk mengurangi jarak antara crosshair Anda dan target dan akan membantu Anda mengambil bidikan yang lebih baik.

Anda dapat menempatkan crosshair Anda beberapa piksel dari dinding. Hal ini memastikan bahwa ketika musuh muncul, Anda mendapatkan cukup waktu untuk bereaksi dengan musuh yang masih berada dalam jangkauan crosshair Anda, sehingga memudahkan Anda untuk menembak secara tepat waktu dan tepat.

Sesuaikan Ukuran Crosshair Anda

Crosshair yang lebih kecil memungkinkan Anda membidik lebih akurat karena Anda tahu persis di mana peluru akan mengenai sasaran. Beberapa gamer lebih memilih kotak kecil sebagai crosshair mereka, sementara yang lain menemukan bahwa akurasi mereka meningkat dengan dot crosshair.

Namun, itu semua tergantung pada gaya bermain Anda, Anda dapat memilih antara crosshair besar dan kecil.

Pelajari Tapping untuk Mengontrol Recoil

Mekanisme mundur dan senjata dalam gim menembak membuat gim terasa lebih realistis. Namun gerakan crosshair yang acak ini bisa membuat Anda sulit untuk membidik, sama seperti di kehidupan nyata.

Metode kontrol mundur yang paling efisien adalah tapping, yang berarti Anda lebih sering mengklik mouse alih-alih menahan tombol, yang juga dikenal sebagai penyemprotan. Tapping memberi Anda cukup waktu untuk memposisikan ulang atau "mengendalikan" recoil sehingga crosshair tidak bergeser dari target.

Hindari Berlari Saat Menembak

Berlari dapat mempengaruhi bidikan Anda karena banyak peluru yang gagal mengenai target karena menyebar. Jangan berlari setiap saat saat bermain gim FPS. Bergeraklah perlahan dan tenang sambil memeriksa sudut untuk mencari musuh. 

Tingkatkan Sense Gim Anda

Sebagian besar peta gim FPS memiliki lokasi tertentu dalam gim tempat Anda dapat berkemah, atau mendapatkan bidikan yang lebih baik pada musuh. Mempelajari di mana titik-titik ini dan secara teratur memeriksa sudut adalah cara yang baik untuk mendapatkan beberapa pembunuhan. Anda bahkan dapat menembakkan sudut terlebih dahulu jika Anda yakin ada musuh yang berkemah di sana.

Anda dapat meningkatkan selera permainan Anda dalam gim FPS dengan:

  1. Lebih sering main gim
  2. Menonton streaming langsung gamer profesional
  3. Menonton tutorial di internet

Dapatkan Perangkat Keras yang Lebih Baik

Hardware sama pentingnya dengan game itu sendiri. Memiliki mouse gaming yang ringan akan membantu Anda dalam membidik, karena Anda harus berusaha lebih sedikit untuk menyeret atau memposisikan ulang bidikan Anda. Meja, kursi, dan alas mouse yang tepat juga terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan bermain game Anda.

Karena mouse adalah perangkat keras paling menonjol yang Anda gunakan saat membidik, Anda harus memperhatikan fitur khusus gim saat membelinya.