Kemenkominfo Ancam Blokir 11 Aplikasi Pencuri Data Jika Tak Lakukan Hal Ini!
Juru Bicara Kemenkominfo, Dedy Permadi. (foto: dok. kemenkominfo)

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 11 aplikasi termasuk aplikasi Azan yang diduga mencuri data pengguna kini terancam akan diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), jika tak segera melakukan perbaikan.

"Kemenkominfo kini tengah melakukan pendalaman mengenai dugaan 11 aplikasi yang berpotensi melanggar atau menyalahgunakan data pribadi masyarakat," ungkap juru bicara Kemenkominfo, Dedy Permadi dalam keterangan yang dikutip VOI, Sabtu, 23 April.

Dedy menjelaskan, saat Kemenkominfo melakukan pendalaman itu, pihaknya memang menemukan adanya fitur-fitur yang berpotensi untuk penyalahgunaan data pribadi.

"Sehingga kami sudah menyampaikan kepada Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) dari aplikasi tersebut untuk segera melakukan perbaikan sistem dan juga menutup fitur-fitur yang berpotensi untuk adanya pelanggaran pelindungan data pribadi,” jelas Dedy.

Ditegaskan Dedy, jika dalam waktu tiga hari PSE tidak melakukan instruksi dari Kemenkominfo, maka akan diambil langkah penutupan akses terhadap aplikasi yang terbukti tidak mengikuti imbauan tersebut.

“Jadi kami memberikan waktu tiga hari sejak kemarin ya, untuk perbaikan sistem di aplikasi-aplikasi tersebut. Jika tidak dilakukan, maka kami akan melakukan penutupan akses terhadap aplikasi-aplikasi tersebut baik di Google Play Store maupun App Store,” tegas Dedy.

Sementara itu, Dedy mengatakan Kemenkominfo juga telah menyampaikan secara resmi kepada PSE 11 aplikasi tersebut untuk mengikuti aturan perundangan-undangan yang berlaku di Indonesia.

“Adapun bentuk penyampaiannya, telah disampaikan melalui surat resmi. Diantara aplikasi-aplikasi itu kami sudah memiliki daftarnya, mana aplikasi yang memang terbukti memiliki fitur mengandung potensi untuk melakukan pelanggaran data pribadi,” jelas Dedy.

Sebelumnya Polda Metro Jaya telah menemukan adanya 11 aplikasi di Google Play Store yang diduga melakukan pencurian data pribadi jutaan pengguna, dan yang paling menghebohkan aplikasi tersebut ada yang bermuatan Islami seperti Azan.

Sebagai informasi, berikut daftar 11 aplikasi yang diduga mencuri data pengguna:

1. Speed Camera Radar

2. Al-Moazin Lite (Prayer Times)

3. WiFi Mouse (remote control PC)

4. QR & Barcode Scanner

5. Qibla Compass - Ramadan 2022

6. Simple Weather & Clock Widget

7. Handcent Nex SMS-Text w/MMS

8. Smart Kit 360

9. Al Quran MP3 - 50 Reciters & Translation Audio

10. Full Quran MP3 - 50+ Language & Translation Audio

11. Audiosdroid Audio Studio DAW