Bagikan:

JAKARTA - Seringkali sebagian dari Anda merasa bosan dengan tampilan jam sistem yang muncul di Windows Anda saat ini. Namun, Windows tidak membiarkan Anda mengubahnya secara default dan memaksa Anda untuk melihat tampilan jam biasa yang disediakan.

Jangan khawatir, Anda dapat mengubah tampilan jam baki sistem dengan aplikasi bernama Free Desktop Clock. Ini adalah program freeware yang mencakup sembilan skin alternatif untuk jam baki Anda. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengubah tampilan jam sistem di Windows 10, 8, 7, dan XP.

Cara Memasang Free Desktop Clock

  1. Buka halaman Free Desktop Clock di browser.
  2. Kemudian, klik tombol Unduh biru untuk menyimpan wizard pengaturan program.
  3. Setelah file diunduh, klik dua kali file freeclock.exe untuk membuka wizard pengaturan dan menginstal perangkat lunak.

Cara Memilih Skin Jam Baki Sistem Baru

Setelah langkah di atas selesai, buka jendela Free Desktop Clock

  1. Klik Skins di sisi kiri jendela. 
  2. Pilih Aktifkan jam baki jika opsi itu belum dicentang.
  3. Kemudian pilih salah satu skin pada tab itu, dan
  4. klik OK untuk menambahkannya ke jam baki sistem seperti pada tangkapan layar langsung di bawah ini.

Anda juga dapat menambahkan lebih banyak detail ke jam baki sistem dengan pengaturan ekstra. Klik Tampilkan tanggal dan Tampilkan hari dalam seminggu untuk menyertakan detail tanggal dan hari di samping jam.

Untuk mengubah warna latar belakang jam, lakukan langkah berikut:

  1. Klik menu drop-down Latar belakang default. 
  2. Pilih opsi latar belakang Warna.
  3. Kemudian klik pada kotak palet untuk memilih warna yang berbeda dari sana. Anda juga dapat menerapkan beberapa transparansi ke jam dengan menyesuaikan nilai untuk pengaturan Transparan.

Cara Menambahkan Jam Zona Waktu yang Berbeda

Jam Desktop Gratis menyertakan opsi yang menampilkan jam untuk zona waktu yang berbeda. Jam seperti itu dapat berguna jika Anda perlu memeriksa waktu di negara lain sebelum melakukan panggilan telepon internasional. Klik tab Zona Waktu untuk melihat opsi tersebut.

Untuk mengaktifkan jam zona waktu, pilih kotak centang Tampilkan jam ini. Pilih zona di menu tarik-turun Zona Waktu. Anda juga dapat memasukkan judul jam di kotak Masukkan nama tampilan.

Cara Membuat Pengumuman Waktu Per Jam

Jam Desktop Gratis juga memiliki pengaturan pengumuman waktu per jam. Opsi ini, setelah diaktifkan, akan berbunyi setiap jam. Ini adalah cara yang baik untuk melacak jam yang berlalu tanpa perlu melihat jam.

Tab Penyesuaian menyertakan pengaturan itu. Klik kotak centang Pengumuman waktu per jam pada tab itu untuk memilih opsi. Kemudian tekan tombol di sebelah kotak Suara untuk memilih file audio untuk pengumuman.