Cara Mengatur dan Menggunakan Beberapa Monitor di Windows 11
Ilustrasi monitor untuk gaming (Foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Jika Anda menghabiskan waktu berjam-jam sehari di PC, mendistribusikan beban kerja Anda di antara dua layar atau lebih dapat membantu Anda meningkatkan produktivitas dan keterampilan multitasking ke tingkat yang lebih tinggi.

Namun, pengaturan multi-monitor tidak mudah. Pengaturan ini lebih dari sekadar menghubungkan layar melalui kabel.

Windows 11 membuat prosesnya lebih mudah dan lebih menyenangkan, berkat beberapa fitur khusus yang ditawarkannya.

Berikut cara untuk Anda dapat menghubungkan beberapa monitor ke sistem operasi Windows 11 dan kemudian menyesuaikan pengaturan agar lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Siapkan Beberapa Monitor

Untuk memulai, Anda perlu menyambungkan monitor kedua ke layar utama, kemudian memilih tampilan utama, dan memilih cara Anda ingin melihat layar kedua. 

1. Hubungkan Monitor Kedua

Periksa jenis koneksi yang mungkin Anda perlukan untuk menghubungkan monitor kedua. Cari tahu apakah komputer Anda mendukung VGA atau HDMI. Anda mungkin memerlukan splitter, tergantung pada kebutuhan Anda.

Setelah Anda menyambungkan kabel, hidupkan monitor. Pada titik ini, jika Windows 11 mendeteksi monitor baru, itu akan memberi tahu Anda dan monitor kedua akan mencerminkan tampilan utama Anda secara default.

Jika tidak mendeteksinya secara otomatis, ikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini:

Luncurkan Pengaturan Windows dan pilih Sistem dari panel kiri. Klik Tampilan di sisi kanan jendela.

Periksa apakah semua tampilan muncul di jendela Tampilan. Jika ada yang hilang, maka perluas bagian Beberapa tampilan dan klik tombol Deteksi.

Anda sekarang harus dapat melihat monitor yang hilang. Namun, jika Anda masih tidak bisa, maka kami sarankan untuk memeriksa apakah kabel yang Anda gunakan berfungsi dengan baik

2. Pilih Tampilan Utama

Secara default, saat Anda menambahkan monitor lain ke sistem Anda, Windows memilih monitor pertama sebagai tampilan utama.

Namun, Anda dapat bebas mengubah pengaturan ini sesuai kebutuhan Anda. Ikuti langkah-langkah ini untuk memilih tampilan utama:

Luncurkan Pengaturan Windows dan pilih Sistem dari panel kiri. Klik Tampilan di sisi kanan jendela. Pilih tampilan yang disukai dan centang kotak yang terkait dengan Jadikan ini opsi tampilan utama saya.

3. Pilih Mode Tampilan

Windows 11 menawarkan 4 mode tampilan berikut untuk beberapa monitor:

Hanya layar PC - hanya layar utama Anda yang akan digunakan.

Tampilan - layar sekunder akan mencerminkan tampilan layar utama Anda.

Perpanjang - layar kedua akan menjadi perpanjangan dari layar pertama, yang sempurna untuk saat-saat ketika Anda ingin bekerja pada layar yang lebih besar dari biasanya.

Hanya layar kedua - hanya layar sekunder Anda yang akan digunakan.

Untuk memilih mode tampilan, tekan tombol Win + P secara bersamaan untuk meluncurkan fitur Proyek. Cukup pilih mode pilihan Anda dari widget mengambang.

Atau, Anda juga dapat memilih mode tampilan dari pengaturan Windows 11. Ikuti langkah-langkah ini jika Anda ingin melakukan perubahan melalui Pengaturan:

Luncurkan Pengaturan Windows dan pilih Sistem dari panel kiri. Klik Tampilan di sisi kanan jendela. Pilih tampilan yang ingin Anda sesuaikan dan perluas menu drop-down di kanan bawah. Pilih opsi pilihan Anda dari daftar. Sesuaikan Pengaturan Beberapa Monitor

Setelah tampilan sekunder berfungsi, Anda dapat menyesuaikan pengaturan dengan bermain-main dengan pengaturan latar belakang, menyesuaikan resolusi, dan mengaktifkan fitur-fitur canggih seperti HDR.

1. Pilih Resolusi Tampilan

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengubahnya tampilan resolusi: Luncurkan pengaturan Tampilan dan pilih monitor yang ingin Anda sesuaikan. Luaskan menu drop-down untuk Resolusi tampilan di bawah Skala & tata letak dan pilih resolusi yang Anda butuhkan.

2. Aktifkan HDR

Dengan HDR, Anda juga dapat melihat detail di antara area ekstrem. Singkatnya, itu membuat segalanya terlihat lebih realistis. Jika perangkat Anda mendukung fitur ini, ada baiknya Anda mencobanya.

Berikut ini adalah bagaimana Anda dapat mengaktifkan HDR di beberapa pengaturan monitor:

Luncurkan pengaturan Tampilan dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Pilih monitor pilihan Anda untuk fitur ini dan di bawah Kecerahan & warna, aktifkan sakelar untuk Gunakan HDR. 

3. Ubah Latar Belakang

Selanjutnya, jika Anda menginginkan latar belakang yang berbeda, Anda dapat menggunakan fitur slideshow. Inilah yang perlu Anda lakukan:

Luncurkan Pengaturan Windows dan pilih Personalisasi dari panel kiri. Klik pada Latar Belakang di sisi kanan Perluas menu drop-down untuk Personalisasi latar belakang Anda dan pilih Gambar . Klik tombol Browse dan pilih gambar. Kemudian, klik kanan pada gambar yang Anda pilih dan pilih monitor tempat Anda ingin menampilkannya.

Setelah selesai, ulangi proses yang sama untuk menambahkan latar belakang yang berbeda pada monitor lain.