Tidak Mau Ketinggalan, AC Milan Jalin Kemitraan dengan BitMEX untuk Luncurkan NFT
Jersey Milan ini dijual dalam NFT. (AC Milan)

Bagikan:

JAKARTA – Klub raksasa sepak bola asal Italia, AC Milan bekerja sama dengan bursa kripto BitMEX untuk merilis non-fungible token (NFT) edisi terbatas. Pendapatan dari hasil penjualan tersebut akan digunakan untuk mendukung organisasi nirlaba Fondazione Milan.

Ini juga akan digunakan untuk kelangsungan hidup klub sepak bola AC Milan sendiri. Perilisan NFT AC Milan merupakan bagian dari upaya mengeksplorasi cara baru supaya klub bisa terlibat langsung dengan penggemar globalnya sekitar 500 juta penggemar dari berbagai negara.

Seperti yang dilansir dari CryptoPotato, AC Milan telah meluncurkan proyek NFT baru bekerja sama dengan BitMEX dan FanSea. Klub telah menjual NFT 3D edisi terbatas jersey khusus Rossoneri dari Sudan Selatan. Hasil penjualan akan diarahkan untuk mendukung inisiatif amal LSM di seluruh dunia dan juga akan mencakup upaya untuk membantu meringankan krisis kemanusiaan di Ukraina yang dilanda perang.

NFT 3D yang dimaksud dibuat oleh platform bernama FanSea dengan bantuan teknologi berkelanjutan. Penggemar yang tertarik dapat membeli satu atau lebih dari 75.817 memorabilia digital bersertifikat mulai 14 April. Setelah ini, pengguna dapat mengakses NFT 3D pada versi aplikasi platform setelah diluncurkan dua minggu kemudian.

NFT edisi terbatas mewakili jersey AC Milan yang robek dari seorang anak laki-laki di Sudan Selatan yang menuju ke museum Milan. Jersey khusus itu dipotret oleh fotografer Denmark Jan Grarup ketika dia mengunjungi Sudan Selatan untuk mendokumentasikan dampak banjir di negara Afrika timur yang terkurung daratan itu.

Fotografer itu dikabarkan bertemu dengan bocah lelaki yang mengenakan jersey Milannya, kemudian dia membelikan jersey yang baru dan mengambil jersey Milan yang sudah usang untuk disumbangkan ke klub. Selanjutnya, jersey tersebut dipajang di Museum Mondo Milan di Casa Milan, markas besar Rossoneri di Milan.

“Terima kasih kepada mitra AC Milan BitMEX, yang telah berkomitmen untuk berkontribusi pada proyek dengan memberikan donasi kepada Fondazione Milan melalui pembelian NFT khusus dalam jumlah besar, 10.000 penggemar pertama yang melakukan pre-order NFT akan juga menerima manfaat tambahan, yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan diskon perdagangan dan manfaat lainnya di BitMEX.com.”

Pada musim panas lalu, AC Milan menandatangani kesepakatan dengan BitMEX sebagai mitra resminya dengan durasi beberapa tahun. Atas kerjasama tersebut logo BitMEX akan terpajang di jersey resmi pemain sepak bola.