Belajar Matematika Jadi Lebih Menyenangkan Lewat Seri Gim <i>Math Wizard</i>
Belajar matematika lewat gim edukatif (dok. Osmo)

Bagikan:

JAKARTA - Bagi sebagian anak-anak maupun orang dewasa, pelajaran matematika adalah sesuatu yang cukup mengkhawatirkan atau membosankan, tapi kini berkat pengembang gim augmented reality, Osmo matematika menjadi lebih menyenangkan.

Osmo meluncurkan seri gim edukasi Math Wizard, yang memungkinkan anak-anak belajar matematika dengan kecepatan dan kemampuan mereka sendiri. Kebanyakan pelajaran matematika adalah pelajaran yang mengintimidasi, tetapi tidak dengan permainan ini.

Perusahaan asal Palo Alto, California yang sekarang dimiliki oleh perusahaan pendidikan India, Byju ini mengaku terinspirasi dari kurikulum matematika untuk anak-anak berusia enam tahun hingga delapan tahun.

Gim ini mengajarkan matematika melalui permainan yang menyenangkan, naratif dan petualangan, di mana anak-anak belajar matematika dengan menyentuh, memanipulasi, dan bereksperimen dengan cara penggunaannya setiap hari.

"Ini adalah tugas yang jauh lebih besar. Tujuannya agar anak-anak mulai dari taman kanak-kanak hingga kelas tiga bisa belajar matematika dengan kecepatan mereka sendiri. Kami mulai dengan dua produk sekarang," ungkap CEO Osmo Pramod Sharma seperti dikutip dari Venture Beat, Kamis 1 Oktober.

Sharma menjelaskan, dalam permainan ini, anak-anak dapat mengambil benda dan meletakkannya di depan iPad atau perangkat yang mereka gunakan. Melalui kamera, software Osmo dapat mengenali objek dan menentukan apakah sang anak telah mengambil objek yang benar. Dengan manipulasi objek inilah anak-anak tetap dapat belajar secara produktif.

Caption

Diketahui, Sharma menyebut jenis pembelajaran ini sebagai phygital, karena ia menggabungkan objek fisik dan pembelajaran digital. Dan itu adalah dasar dari gim yang selalu dibuat Osmo sejak 2013.

"Kami mencoba menyediakan banyak artefak fisik atau elemen yang mencerminkan konsep tersebut. Dan kemudian kami menghubungkan mereka dengan dunia digital. Kami ingin anak-anak tidak merasa ini adalah bagian dari sekolah mereka," tutur Sharma.

Penasaran ingin mencobanya? Dua judul pertama dalam seri Math Wizard, yang diluncurkan hari ini adalah Magical Workshop dan Secrets of the Dragons yang dapat dibeli 60 dolar AS atau setara Rp890 ribu di playosmo.com dan Amazon.com.