Penjelasan Vivo Indonesia Soal Lagu Latar di Iklan V20
Cuplikan iklan Vivo V20 (Twitter @VivoIndonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Vivo Indonesia akhirnya angkat suara mengenai tudingan musisi dari Norwegia, Anna of the North yang menggunakan lagu miliknya sebagai kebutuhan musik latar pada iklan gawai terbaru di YouTube. Iklan video itu mempromosikan smartphone Vivo V20 Series yang dibintangi oleh aktris sekaligus penyanyi Maudy Ayunda.

Senior Brand Director vivo Mobile Indonesia, Edy Kusuma, saat peluncuran virtual V20 mengatakan kejadian tersebut merupakan buntut kesalahpahaman dengan pihak ketiga.

"Masalah kemarin sudah 'clear', ini kesalahpahaman dengan pihak ketiga," kata Edy dalam konferensi pers virtual, Selasa, 29 September.

Sebelumnya, iklan tersebut dituding menggunakan lagu tanpa izin dari Anna Lotterud selaku pemiliknya. Musisi yang populer dengan nama Anna of the North melalui akun Instagram menyatakan keresahannya karena karyanya digunakan tanpa izin.

Dalam unggahannya, dia memuat tangkapan layar iklan komersial vivo V20 dan V20 SE di Indonesia. Kampanye tersebut menggunakan lagu "Dream Girl", yang dia rilis pada 2019 lalu.

Jika didengarkan sekilas, beberapa instrumen dan melodi di dalamnya memang terdengar sangat mirip. Namun, lirik antara 'Dream Girl' dan lagu dalam iklan smartphone Vivo V20 Series jelas berbeda.

Mewakili vivo, Edy mengatakan mereka sangat mengapresiasi hak kekayaan intelektual dan mematuhi undang-undang yang berlaku di setiap negara.

"Miskomunikasi. Ini pembelajaran buat kami semua, kami sudah konfirmasikan hal tersebut, masalah sudah terselesaikan," kata Edy.