Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan penyedia layanan internet dari AS, Cogent Communications, mengumumkan telah memutus layanan internet untuk klien mereka Rusia. Pengumuman ini dilakukan secara langsung oleh CEO Cogent, David Schaeffer, mengatakan pada Jumat, 4 Maret.

Schaeffer mengatakan beberapa klien Rusia telah meminta perpanjangan layanan internet dan Cogent berusaha mengakomodasi mereka.

Cogent, yang berbasis di Washington, adalah bagian dari jaringan yang memungkinkan data mengalir melalui internet. “Ini adalah “kapal induk” terbesar kedua dari Rusia, kata Schaeffe, seperti dikutip oleh Reuters.

Daftar panjang perusahaan dari setiap lini telah berhenti berbisnis dengan Rusia setelah invasinya ke Ukraina, yang telah menewaskan ratusan orang dan mengirim lebih dari 1 juta pengungsi ke negara-negara tetangga.

Schaeffer mengatakan Cogent mengambil langkah ini, setidaknya karena perusahaan ini tidak ingin digunakan sebagian kemampuan dan fasilitasnya digunakan untuk "serangan dunia maya atau mengeluarkan disinformasi."

Tetapi perusahaan juga khawatir tentang implikasi dari hilangnya akses ke berbagai informasi yang disediakan internet oleh orang Rusia. "Itu adalah keputusan yang sulit," katanya.