Apple Benamkan Chipset Baru A14 Bionic di iPad Air Terbaru
Apple A14 Bionic (dok. Apple)

Bagikan:

JAKARTA - Apple baru saja menggelar acara tahunannya secara daring. Selain memperkenalkan lini terbaru dari produknya, Apple juga memaerkan chipset baru yakni A14 Bionic.

Apple mengklaim chipset baru ini akan menjadi prosesor paling bertenaga yang pernah dibuat pabrikan Cupertino, AS. Terlebih chipset A14 Bionic bakal digunakan untuk iPad Air terbaru.

"Kami memperkenalkan iPad Air dengan desain baru dan jauh lebih kencang, menggunakan chip Apple paling bertenaga yang pernah dibuat, yaitu A14 Bionic," ujar SVP Apple Worldwide Marketing Greg Joswiak, dalam AppleEvent semalam, Rabu, 16 September.

Bicara teknis, chip A14 Bionic dibuat dengan fabrikasi 5nm atau lebih kecil ketimbang chipset smartphone lainnya yang dibuat dengan ukuran 7nm. Meski menggunakan teknologi 5nm, chip ini tersebut memiliki arsitektur yang lebih baik dari pendahulunya, seperti dirangkum dari Techcrunch.

Chip A14 Bionic tetap mengusung desain 6 core di dalamnya, dengan konfigurasi empat panel untuk high efficiency core dan two high performance core yang hemat daya. Aspek lainnya yang mengalami peningkatan di system on a chip (SoC) Apple ini terjadi di image signal processor. 

Chipset baru Apple A14 Bionic (tangkapan layar AppeEvent)

Di mana A14 punya 11,8 miliar transistor, sehingga mampu meningkatkan kinerja ponsel 38 persen dibanding jumlah transistor di A13 yang 'hanya' 8,5 miliar. Tak ketinggalan komputasi kecerdasan buatan yang diberikan Apple dalam bagian neural engine. 

Berbekal chipset baru ini, Apple mengklaim akan menghadirkan perangkat yang lebih kencang namun dengan harga yang kompetitif. Terlebih kemampuan chipset ini dapat dimanfaatkan lebih baik untuk pengeditan foto atau menjalankan gim dengan lebih cepat. 

iPad Air Generasi Terbaru

Selain meluncurkan jam pintar Apple Watch Series 6. Apple turut memperkenalkan model terbaru dari iPad Air.

Dengan sejumlah pembaruan, salah satunya Apple membekali iPad generasi terbarunya ini dengan chip A14 Bionic. Tampilan fisik, iPad Air tak lagi menempatkan tombol Home di bagian bawah layar.

Tombol home dengan sensor sidik jari dan Touch ID ini akan disatukan pada tombol power yang berada di bagian atas. iPad Air terbaru hadir dengan bezel tipis dengan sudut membulat.

Layarnya mengusung Liquid Retina Display berukuran 10,9 inch dengan resolusi 2.360 x 1.650 pixel. Selain itu membawa fitur True Tone dan dilapisi anti-reflective.

Caption

 

Menariknya, tak ada lagi port lightning, lubang pengisian daya itu digantikan dengan USB Type C yang telah mendukung kemampuan fast charging 20W dan bisa mentransfer data hingga 5 Gbps. Fitur lainnya iPad Air terbaru ini mendukung Apple Pencil generasi 2 dan Magic Keyboard, serta koneksi LTE dan WiFi 6.

Apple menyematkan kamera 7 MP di bagian depan, punya kemampuan video call Full HD. Sementara di bagian belakang terdapat kamera 12 MP yang mampu merekam video 4K.

Hadir dengan lima opsi warna, yakni silver, space grey, rose gold, green, dan sky blue, iPad Air generasi terbaru ini akan dibanderol dengan harga mulai dari 599 dolar AS atau (Rp 8,8 juta).