Osamu Masuko Mantan Bos Mitsuhishi Tutup Usia
Mantan pimpinan Mitsubishi Motors Corp, Osamu Masuko (dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA -  Mitsubishi Motors Corporation (MMC) tengah berkabung. Mantan pimpinan Mitsubishi Motors Corp, Osamu Masuko, meninggal dunia karena gagal Jantung.

Dia berpulang usai mundur dari perannya sebagai CEO Mitsubishi pada awal bulan ini karena masalah kesehatan. Osamu Masuko tutup usia dalam usia 71 tahun pada 27 Agustus.

"Mengumumkan bahwa Osamu Masuko, penasehat spesial dan mantan chairman direksi, representatif pejabat eksekutif, meninggal karena insufisiensi jantung," kata Takao Kato representative executive officer, chief executive officer, MMC, Senin, 31 Agustus.

Mitsubishi Motors juga menyampaikan pemakaman pribadi akan dilakukan keluarga dekat. Demi menghormati keinginan mendiang Masuko, MMC menyatakan tidak akan menggelar farewell gathering. 

Osamu Masuko lahir pada 19 Februari tahun 1949,  merupakan lulusan Fakultas Ilmu Politik dan Ekonomi Universitas Waseda pada 1972. Di tahun yang sama ia mulai bekerja Mitsubishi Corporation.

Nikkei menjelaskan Masuko merupakan veteran di perusahaan grup konglomerat Mitsubishi Corporation. Dia gabung dengan Mitsubishi pada 2004, kemudian menjadi Presiden Mitsubishi Motors pada 2015 dan bertahun-tahun setelahnya.

Selama masa jabatannya sebagai presiden dan CEO, Masuko memimpin perusahaan itu di berbagai bidang, termasuk pengenalan kendaraan ramah lingkungan EV dan PHEV, serta perluasan produksi dan penjualan di kawasan ASEAN.