Bagikan:

JAKARTA - Jelang perayaan HUT Ke-79 Republik Indonesia (RI), PT Inchcape Indomobil Distribution Indonesia mengumumkan penyerahan 16 kendaraan listrik (EV) Mercedes-Benz kepada kantor Sekretariat Presiden demi mendukung acara tersebut di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Dari jumlah tersebut terdiri dari tiga model Mercedes-Benz EQ yang dipercaya sebagai mobilitas dalam perayaan tanggal 17 Agustus ini di IKN, yakni EQE Saloon, EQE SUV, dan EQS Saloon.

Presiden Direktur Inchcape Automotive Indonesia Khoo Shao Tze, mengatakan bahwa partisipasi Mercedes-Benz dalam acara ini sekaligus mendorong transformasi EV di Indonesia sekaligus memainkan peranan pabrikan dalam hal elektrifikasi secara global.

“Partisipasi Mercedes-Benz dalam acara ini lebih dari sekedar perayaan. Ini mencerminkan komitmen kami untuk secara signifikan mendorong transformasi kendaraan listrik di Indonesia,” kata Khoo Shao Tze dalam keterangan resminya, Selasa, 13 Agustus.

Penyerahan kendaraan listrik tersebut dalam perayaan HUT Ke-79 RI di IKN merupakan langkah lanjutan pabrikan dari Jerman dalam mendorong percepatan transisi menuju elektrifikasi sepenuhnya di tanah air.

Merek otomotif premium ternama ini memiliki sejumlah model kendaraan listrik (EV) yang dijual di Indonesia, terdiri dari EQA, EQB, EQE Saloon, EQE SUV, EQS Saloon dan EQS SUV.

Mercedes-Benz EQE Saloon atau 350+ merupakan salah satu kendaraan yang akan digunakan dalam perayaan HUT Ke-79 RI. Mobil ini dipilih dengan menawarkan kenyamanan serta menghasilkan nol emisi.

Sedan tersebut diberi baterai lithium-ion bertegangan tinggi dengan kapasitas 90 kWh yang sanggup memberinya jangkauan hingga 673 km menurut perhitungan WLTP.

Kemudian ada EQE SUV yang memiliki dimensi lebih besar daripada versi Saloon. Mobil yang baru diluncurkan di Indonesia pada tahun ini memiliki baterai yang sama dengan kembaran sedannya, namun dengan jangkauan 566 km dalam sekali pengisian daya.

Lalu, ada EQS Saloon yang merupakan salah satu EV termahal Mercedes-Benz di Indonesia. Model tersebut diberi baterai lithium-ion berkapasitas besar 107 kWh yang sanggup berjalan 770 km dalam siklus WLTP.

Berbicara harga, ketiga mobil ini ditawarkan dengan harga di bawah Rp3 miliaran di tanah air. Model EQE Saloon dibanderol Rp2,3 miliar, kemudian EQE SUV senilai Rp2,85 miliar, dan EQS Saloon dengan Rp2,984 miliar. Semua harga termasuk Off The Road DKI Jakarta.