Bagikan:

JAKARTA - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjawab perkembangan industri maritim yang semakin pesat di Indonesia, terutama di wilayah Sulawesi Utara, dengan meresmikan outlet keduanya di Kota Manado melalui unit bisnisnya Suzuki Marine.

Outlet tersebut lebih tepatnya berada di wilayah Kalasey Satu, yang memang ditujukkan untuk meningkatkan kapasitas layanan seiring dengan meningkatnya industri pariwisata dan transportasi air setempat.

Bersinergi dengan PT Karunia Jaya Marine, pengembangan outlet dengan layanan lengkap 3S (sales, service, spare parts) ini disiapkan untuk menjadi showroom dan bengkel terbesar Suzuki Marine untuk melayani kebutuhan outboard motor (OBM) wilayah Sulawesi Utara.

"Kami yakin pengembangan layanan oleh dealer Suzuki Karunia Jaya Marine akan memudahkan pelanggan setia Suzuki untuk meningkatkan bisnis, mendapatkan layanan service, hingga jaminan ketersediaan parts yang lebih memadai dengan lokasi strategis yang tentunya memberikan efisiensi operasional," kata Suzuki Marine Dept Head PT SIS Aceng Ulumudin, dalam keterangan resminya, Jumat, 14 Juni.

Sebelumnya, Suzuki Marine bersama dengan PT Karunia Jaya Marine telah mengoperasikan dealer OBM pertamanya di Jl. 17 Agustus, Manado, sejak tahun 2021. Berbekal potensi pasar yang ada di wilayah Sulawesi Utara mencapai lebih dari 500 kapal untuk akomodasi resort dan transportasi air, Suzuki Marine melihat adanya kebutuhan untuk peningkatan pelayanan kepada konsumen sehingga dibutuhkan penambahan layanan penjualan dan purna jual dengan skala yang lebih besar.

"Kedepannya besar harapan kami agar bisa terus bersama-sama mendukung para pelaku industri pariwisata dan perairan di Indonesia khususnya Sulawesi Utara," ungkap Aceng.

Mengedepankan produk dan layanan yang unggul, dealer Karunia Jaya Marine yang dilengkapi dengan layanan 3S, yaitu Sales, Service, dan Spareparts ini didirikan di lahan seluas 905 m, serta pegawai andal sejumlah 18 orang.

Selain fasilitas yang ada di dealer, layanan bengkel resmi OBM Suzuki Marine juga melayani service on the spot, dimana secara berkala teknisi Suzuki Marine akan mengunjungi titik kumpul nelayan dan hub kapal untuk melakukan service langsung di lokasi.

"Industri maritim di wilayah Sulawesi Utara terus menunjukkan peningkatan. Hingga kini kami terus menerima banyak permintaan dari para pelaku industri terkait dan optimis penambahan layanan outlet baru ini akan semakin meningkatkan ketertarikan dan kepuasan pelanggan," kata Direktur PT Karunia Jaya Marine Juan Adrian Aswan.

Saat ini Karunia Jaya Marine telah memiliki 3 outlet, dua diantaranya berada di Provinsi Sulawesi Utara dan satu di Provinsi Gorontalo.

"Tentunya ini menjadi suatu kebanggan tersendiri bagi kami dan seluruh pekerja, dan kami berharap dapat terus memberikan pelayanan berkualitas kepada seluruh pelanggan," tutup Juan.