Bagikan:

JAKARTA - Sepeda motor menjadi salah satu pilihan transportasi populer di Indonesia, bukan tanpa alasan sebab penggunaan sepeda motor tergolong simpel dan efisien, apalagi untuk menemani rutinitas sehari-hari.

Namun demikian, tak sedikit masyarakat yang tak terlalu peduli dalam menentukan pilihan saat membeli motor baru, alhasil tidak sesuai dengan kebutuhan yang ada. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli sepeda motor, terutama saat pameran. Lantas apa saja?

Tentukan Produsen

Hal pertama yang harus diperhatikan yaitu produsen motor, dimana harus menentukan pilihan terhadap produsen yang terpercaya. Untuk mengurangi rasa khawatir, calon pelanggan bisa mengecek reputasi built in quality produk-produk yang selama ini dipasarkan oleh produsen tersebut.

Pilih Fitur Sesuai Kebutuhan

Selanjutnya hal kedua yang harus diperhatikan yaitu fitur pada motor tersebut. Misalnya, bagi pengguna dengan mobilisasi tinggi memerlukan motor dengan kompartemen yang banyak dan ruang yang besar untuk menyimpan barang bawaan. Sekarang ini banyak produsen yang memang menyematkan fitur yang membuat kendaraan lebih irit, seperti dibekali dengan Engine Auto Stop.

Desain Sesuai Selera

Selain dua di atas, hal ketiga yang memang penting diperhatikan yaitu desain sesuai selera. Seperti motor khusu untuk petualangan yang memang biasanya memiliki desain agresif, selain itu untuk menemanu rutinitas biasanya mencari desain yang lebih stylis. Selain desain, warna-warna motor juga memikat kalangan pengguna yang berbeda. Contohnya, pengguna dengan kepribadian periang atau senang bergaul cenderung menyenangi warna yang terang dan berani seperti oranye atau kuning. Sedangkan, orang dengan kepribadian tenang dan stabil cenderung menyenangi warna elegan dan tenang seperti abu-abu, coklat tua, biru, atau hitam.

Aftersales Produk

Hal keempat yang menjadi perhatian yaitu dari sisi aftersales. Setelah membeli motor jangan sampai memberatkan keuangan. Perhatikan sejauh apa produsen motor menjamin service gratis dan harga spareparts resmi yang dijual.

Sesuaikan Anggaran

Terakhir atau kelima sesuaikan dengan anggaran atau budget yang telah disiapkan. Calon pelanggan biasanya telah melakukan perencanaan keuangan sehingga memiliki cadangan dana untuk membeli motor impian. Namun, apabila berencana untuk melakukan pembelian secara kredit, maka calon pelanggan perlu mempelajari skema kredit dan jumlah dana yang harus disiapkan per bulannya agar tidak memberatkan kebutuhan utama sehari-hari.

"Dalam kesempatan seperti pameran, pelanggan akan dihadapkan dengan jenis motor yang beragam. Kami mendorong untuk lebih bijak dan memerhatikan beberapa aspek agar sesuai dengan keinginan," kata 2W Sales & Marketing Dept Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Teuku Agha.